5 Menu Takjil Ringan di Perut untuk Berbuka Puasa

Ilustrasi kolak pisang. (foto: sajian sedap).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Banyak orang menyiapkan menu berbuka puasa yang tidak berat di perut, atau bukan golongan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

Setelah menenggak segelas teh manis hangat, idealnya sambil menyemil kudapan ringan, agar perut terisi setelah kosong selama berpuasa lebih kurang 12 jam.

Berikut rekomendasi lima menu takjil ringan di perut cocok untuk berbuka puasa:

  1. Kurma

Kurma sangat lekat dengan menu berbuka puasa dan harganya terbilang terjangkau. Mengunyah tiga buah khas Timur Tengah berwana cokelat dan berasa manis itu dapat meningkatkan energi yang kosong selama berpuasa dari subuh hingga waktu magrib.

  1. Lontong dan Aneka Gorengan

Tidak sedikit orang memilih makanan yang ringan di perut saat berbuka puasa, setelah menenggak teh manis hangat. Salah satu makanan yang biasa dicari saat ngabuburit adalah lontong isi sayur dan aneka gorengan.

Menu lontong dan aneka gorengan seperti bakwan, risol, tahu dan tempe cocok disantap agar perut yang kosong tidak kaget setelah berpuasa.

Namun, patut diperhatikan, kandungan minyak yang terdapat di dalam gorengan kalau dikonsumsi berlebih bisa membuat tenggorokan gatal lho.

  1. Kolak

Kolak menjadi salah satu makanan yang dicari-cari saat ngabuburit sore. Salah satu kolak yang dibidik pecinta kuliner ialah yang terdapat pisang dan ubi di dalamnya.

Rasanya kolak yang manis dan bisa membuat agak kenyang menjadi alasan mengapa setelah berbuka puasa orang mencari-cari santapan menu yang satu ini.

  1. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo menjadi salah satu kuliner khas untuk berbuka puasa. Potongan pisang yang dibalut dengan tepung serta sirup merah itu dapat menghilangkan dahaga saat “membatalkan” ibadah saum di kala magrib tiba.

  1. Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo juga menjadi salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. Umumnya, biar agak kenyang, menu ini bisa dipadukan dengan menyelupkan sepotong roti yang dibasahi dengan cairan santen bubur kacang ijo.

Itulah lima rekomendasi menu kudapan takjil yang bisa kamu coba saat azan magrib tiba untuk berbuka puasa.

Selamat mencoba ya.