Yunimar Mulyana: Sektor Ekonomi dan Pendidikan Tingkatkan Kualitas Keluarga

Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana, saat membuka acara Sosialisasi Gelari Pelangi di Gedung Graha Binangkit, Jalan Sukabumi Dalam Nomor 30 Kota Bandung, Senin (27/2/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana mengingatkan, fungsi ekonomi dan pendidikan merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan kualitas keluarga.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Sosialisasi Gelari Pelangi di Gedung Graha Binangkit, Jalan Sukabumi Dalam Nomor 30 Kota Bandung.

Untuk diketahui, Gelari Pelangi merupakan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi. Yunimar berharap, para peserta nantinya mampu melakukan perencanaan keluarga yang baik dan matang.

“Ekonomi aspek krusial penunjang kehidupan. Keluarga yang mampu mengatur keuangan dengan baik dapat meningkatkan kualitas keluarga tersebut,” ucapnya.

Selain ekonomi, Yunimar juga menerapkan aspek pendidikan, sebagai salah satu hal penting dalam keluarga. Fungsi pendidikan sangat krusial untuk menentukan arah pembangunan, khususnya di Kota Bandung.

Ia menyebutkan, keluarga merupakan lingkungan pertama untuk melakukan pendidikan dan membentuk karakter setiap anak.

“Ada berbagai pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekonomi dan pendidikan masyarakat,” ucapnya.

Yunimar menuturkan, Tim PKK Kota Bandung akan terus berupaya menghadirkan kolaborasi dengan dinas terkait di perangkat daerah Kota Bandung agar bisa melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kewilayahan dalam mengakselerasi bidang ekonomi, khususnya di masa pascapandemi.

“Kami upayakan kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM, serta Disdagin, agar produk-produk dari kewilayahan dapat naik kelas dan diminati,” terangnya.

Sebagai informasi, Gelari Pelangi merupakan bagian dari upaya TP PKK Kota Bandung untuk memperkuat sektor ekonomi dan pendidikan keluarga.

Ruang lingkup program kerja Gelari Pelangi meliputi gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan dan ketrampilan keluarga, penguatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki.

Serta pengembangan usaha peningkatan keluarga UP2K-PKK dan pembentukan atau pengembangan koperasi PKK.

Acara sosialisasi ini dihadiri Ketua Pokja 2 TP PKK Kota Bandung dari 30 Kecamatan dan 151 Kelurahan di Kota Bandung.

About The Author

%d blogger menyukai ini: