Berita

Temui Nelayan Morokrembangan, BHS Sampaikan Bantuan Khusus

×

Temui Nelayan Morokrembangan, BHS Sampaikan Bantuan Khusus

Sebarkan artikel ini
Politikus Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono atau BHS saat menemui nelayan di Morokrembangan, Surabaya. Foto: tangkapan layar.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Politikus Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono atau BHS menemui para nelayan di Morokrembangan, Surabaya.

1495
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Dalam rangka hari ulang tahun Partai Gerindra ke-15 tahun, saya bersama DPC Gerindra Surabaya dan Tim BHS Peduli hadir di masyarakat nelayan kota Surabaya di Morokrembangan,” kata BHS dikutip dalam instagram pribadinya @bambangharyos, di Jakarta, Jumat(10/2/2023).

Tokoh yang lekat dengan masyarakat ini banyak berbincang bersama nelayan disana. Banyak keluhan juga yang disampaikan oleh mereka kepada BHS.

“Alhamdulillah bisa menyerap aspirasi nelayan yang dimana mereka kesulitan, seperti permasalahan yang berhubungan dengan infrastruktur alur dan juga terjadi pendangkalan hebat karena sudah lebih dari 5tathun tidak dilakukan pengerukan,” ucap BHS.

Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini menyebut akibat pengerukan, perahu para nelayan kesulitan keluar dan masuk, bahkan terkadang bisa keluar tetapi tidak bisa masuk alur, sehingga banyak ikan yang busuk karena harus menunggu air pasang.

“Banyaknya perahu perahu yang rusak sekitar 30 perahu dari 115 perahu sehingga produktivitasnya terhambat. Pada saat musim paceklik atau musim gelombang yan terjadi dalam satu tahun sekitar 4 bulan perahu perahu tidak beroperasi dan mereka membutuhkan bantuan sembako yang saat ini belum ada bantuan sembako atau bantuan sosial lainnya yang masuk ke masyarakat nelayan,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, kesulitan permodalan hingga sampai saat ini Perbankan Himbara belum mempercayai mereka padahal pada saat dirinya duduk di Komisi VI DPR RI 2014-2019, dirinya telah menekankan KUR harus diterima prioritas adalah Petani, Nelayan dan UMKM Mikro.

“Saya juga memberikan bantuan sembako untuk para nelayan tersebut dan rencana secara pribadi akan memberikan bantuan 15 pelampung untuk keselamatan para nelayan selama mereka melaut,” tandasnya.

Dirinya berharap kedepan ada perhatian khusus untuk Nelayan dari Pemerintah Pusat dan Daerah karena Nelayan adalah penyumbang pendapatan daerah maupun Negara yang berdampak multiplayer ekonomi. Dan juga hasil dari perikanan bisa membantu kecerdasan generasi muda dan mempercepat pemulihan generasi stunting kedepannya.

“Sehingga diharapkan permodalan dari Bank Daerah maupun pusat segera mengucur ke para nelayan dan permasalahan infrastruktur perahu dan pengerukan saya harapkan Ketua DPC Gerindra Surabaya bisa mengkoordinasikan dengan Fraksi yang ada di DPRD Kota Surabaya, untuk segera mendesak penyelesaian permasalahn infrastruktur diatas agar operasional dan perekonomian nelayan tidak terhambat,” tutup BHS.