Berita

Mahfud Ungkap Strategi Penyelamatan Pilot Susi Air dari KKB Egianus Kogoya

×

Mahfud Ungkap Strategi Penyelamatan Pilot Susi Air dari KKB Egianus Kogoya

Sebarkan artikel ini
Menkopolhukam Mahfud Md. (foto: istimewa).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md memastikan bahwa pemerintah akan menempuh pendekatan persuasif untuk membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Mahfud juga memastikan, pemerintah terus berupaya mengutamakan keselamatan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

“Pemerintah akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyelamatan terhadap sandera dengan pendekatan-pendekatan yang sifatnya persuasif, karena yang diutamakan adalah keselamatan sandera,” kata Mahfud Md dalam video keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Kemenkopolhukam, dikutip Teropongnews di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

4361
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kendati demikian, Mahfud menegaskan bahwa pemerintah tidak menutup kemungkinan menempuh upaya lain, mengingat penyanderaan warga sipil adalah tindakan yang tidak bisa diterima dengan alasan apa pun.

“Oleh sebab itu, upaya persuasif menjadi pedoman utama demi keselamatan sandera, tetapi pemerintah tidak menutup upaya lain,” ujarnya.

Mantan Hakim MK itu juga mengatakan bahwa pemerintah terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Selandia Baru guna memantau dan mengakselerasi penanganan pembebasan Philip Mark Mehrtens.

Mahfud menegaskan kembali bahwa Papua adalah bagian sah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik menurut konstitusi RI, hukum internasional, maupun fakta yang sedang berlangsung.

“Oleh sebab itu, karena Papua adalah bagian yang sah dari NKRI dari berbagai aspek, maka Papua seterusnya dan selamanya akan tetap menjadi bagian yang sah dari NKRI,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengakui pilot berkebangsaan Selandia Baru itu saat ini bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

“Memang benar pilot tersebut bersama kelompok KKB pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan,” kata Irjen Fakhiri kepada wartawan dikutip Teropongnews di Jakarta, Selasa, (14/2/2023).

Kendati begitu, kata Irjen Fakhiri, pihaknya belum mengetahui lokasi detail Philip Mehrtens ada di mana, begitu pun dengan kondisinya. Dia hanya memastikan bahwa pilot Susi Air tersebut saat ini berada di tangan KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Irjen Fakhiri pun mengaku masih terus menunggu informasi dari tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat yang diturunkan penjabat Bupati Nduga ke Paro.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasil. Mereka masih berada di jalan. Karena untuk mencapai Paro, harus melintasi sungai yang cukup lebar,” ucapnya.

Seperti diketahui, KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa (7/2/2023) dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikan pilot berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens.