Para mahasiswa UMBY Yogyakarta yang KKN di Desa Sumberagung.

Loading

TEROPONGNEWS,.COM, YOGYAKARTA – Budidaya Ikan Nila dinilai masih memiliki prospek yang sangat menjanjikan, baik dari segi nilai jual, permintaan pasar dan darai pembiayaan masih relative rendah. Antusias dan tingginya minat petani ikan Nila di Dusun Gedongan Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Kabuapten Sleman DI Yogyakarta, menunjukkan ketahanan pangan yang baik pada bidang perikanan dan perekonomian.

Badan Usaha Milik Kalurahan Agung Sejahtera atau bisa disebut BUMKal Agung Sejahtera yang berada di Desa Sumberagung, ini didirikan pada tanggal 18 Desember 2022. Kendati didirikan belum seumur jagung, Desa Sumberagung memiliki beberapa aset lahan yang sudah berbentuk kolam ikan. Hal itu dikarenakan lokasi ini sebelumnya dijadikan tempat Balai Benih Ikan. Maka hingga saat ini kolam tersebut dipertahankan dan dimanfaatkan untuk Budidaya Ikan Nila sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Adalah program KKN – PPM XLIII Kelompok I Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari hingga 20 Februari 2023. Dalam pelaksanaannya yang sudah merancang berbagai program kerja, telah diputuskan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada proses operasional kesekretariatan, digitalisasi dan penunjang lingkungan serta prasarana yang ada di BUMKal Agung Sejahtera.

Kegiatan operasional untuk pengelolaan budidaya Ikan Nila memiliki kekurangan pada Sumber Daya Manusia (SDM). Sedangkan anggota pengurus yang difokuskan untuk pengelolaan budidaya Ikan Nila hanya 1 orang dan rata-rata tidak menguasai penggunaan media digital untuk proses operasional, baik untuk kegiatan promosi, portofolio, maupun penggunaan aplikasi lain.

“Dalam pengelolaan budi daya Ikan Nila ini, kami kekuranagan SDM, khususnya penggunaan media digital untuk kemajuan usaha budidaya Ikan Nila,” ujar Yuswanto selaku Direktur BUMKal Agung Sejahtera, Kamis (22/02/2023).

Demikian disampaikan oleh Muchammad Ramadhan, selaku ketua kelompok 1 KKN — PPM XLII UMBY yang melakukan wawancara secara langsung dengan Direktur BUMKal Agung Sejahtera. Dalam sesi wawancara ini, M. Ramadhan disertai beberapa mahasiswa diantaranya, Rivo Ernezto Ramada Widaswara, Devilia Putri Benaya, Arya Gusti Dian, Lisa Romardi, Melodi Balakosa, M. Riyu Whirdatama, Marsda P Singal dan Natalia Febriyanti. Dan yang menggembiarakan bahwa program KKN mahasiswa UMBY ini mendapat support Kepala Desa Sumberagung, Duljiman.

Diungkapkan M Ramadhan, kegiatan program kerja di BUMKal Agung Sejahtera antara lain, penggunaan Digital Marketing, baik untuk kegiatan promosi larva dan siap konsumsi ikan nila, penambahan portofolio BUMKal Agung Sejahtera pada Google, pelatihan aplikasi dan Microsoft Office seperti Photoshop, Excel, dan Power Point, serta pembaharuan SEO (Search Engine Optimization).

Upaya lain,lanjut M. Ramadhan, juga turut dilakukan dengan melakukan beberapa metode yaitu marketing dengan cara mempromosikan keunggulan hasil budidaya Ikan Nila dengan media brosur yang diberikan kepada perusahaan ataupun pihak yang memiliki kebutuhan ikan dengan kuantitas besar seperti petani yang bergerak di pembesaran ikan, pedagang ikan yang membutuhkan jumlah ikan tertentu untuk dijual dan restaurant besar yang menyediakan makanan berbahan dasar ikan.

Selain itu untuk kegiatan opersional kesekretariatan dan prasarana para anggota KKN — PPM XLII Kelompok 1 yang berjumlah 9 orang setiap hari wajib membantu operasional kantor dan gotong royong pada lingkungan BUMKal Agung Sejahtera serta melengkapi prasarana yang kurang mamadai seperti halnya penerangan.

Dengan adanya program KKN — PPM XLII Universitas Mercu Buana Yogyakarta, diharapkan dapat membantu Badan Usaha maupun masyarakat untuk mengatasi kesulitan maupun kekurangan, khususnya pemafaatan tehnologi komunikasi dan informasi guna mendukung usaha budidaya Ikan Nila.

Program KKN – PPM XLII UMBY Kelompok 1 di BUMKal Agung Sejahtera, diharapkan dapat memberikan support untuk pengelola. Sehingga mendapat pangsa pasar yang tepat sasaran, penjualan yang baik, serta insight yang lebih luas. Tentunya akan mendorong roda perekonomian masyarakat Desa Sumberagung, akan terus tumbuh dan nantinya akan menjadi perekonomian yang kreatif di bidang pengelolaan dan budidaya Ikan Nila.