Berita

KKB Pimpinan Egianus Kogoya Bawa Keluar Pilot Susi Air dari Distrik Paro

×

KKB Pimpinan Egianus Kogoya Bawa Keluar Pilot Susi Air dari Distrik Paro

Sebarkan artikel ini
Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. (foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Satgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadani menduga kuat Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sudah membawa pilot Susi Air Philip Mark Merthens keluar dari distrik Paro di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Faizal pun memastikan bahwa pihaknya sampai saat ini masih mencari keberadaan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu.

“Egianus Kogoya dan kelompoknya sudah membawa Philip Mark Merthens keluar dari Paro dan saat ini kami masih mencari keberadaan mereka,” kata Kombes Pol. Faizal kepada wartawan, dikutip TeropongNews di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

4921
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mengenai kondisi distrik Paro, menurut Faizal, masyarakat setempat saja tengah mengungsi ke Kenyam dengan berjalan kaki. Dia mengakui saat ini tidak terlihat keberadaan warga sipil di Paro.

“Bahkan, ada yang dievakuasi dengan helikopter TNI/Polri saat mereka berada di kawasan Pegunungan Wea,” ujarnya.

Faizal menyebutkan rata-rata di antara pengungsi itu adalah anak-anak, wanita, dan orang tua. Sementara, mereka yang sakit dievakuasi menggunakan helikopter ke Kenyam.

Faizal melanjutkan, olah tempat kejadian perkara (TKP) sudah dilakukan di Lapangan Terbang Paro yang menjadi lokasi pembakaran pesawat milik Susi Air, Selasa (7/2). Diperkirakan, 80 persen kondisi pesawat tersebut sudah menjadi puing-puing.

Sementara itu, menurutnya, TKP sudah dibersihkan sehingga dapat digunakan lagi.

“Personel Kopasgat TNI AU ikut pula menjaga dan mengamankan Lapangan Terbang Paro,” kata Kombes Pol. Faizal Rahmadani.