Berita

Kecamatan Ternate Selatan Gelar Musrenbang, Pemkot Minta Masyarakat Berperan Aktif

×

Kecamatan Ternate Selatan Gelar Musrenbang, Pemkot Minta Masyarakat Berperan Aktif

Sebarkan artikel ini
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate, H. Muhdar Din, saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Ternate Selatan, dan penyusunan RKPD Kota Ternate Tahun Anggaran 2024, yang digelar di Cafe Mozaik Ternate Selatan, Senin (20/2/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate, H. Muhdar Din menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ternate Selatan, dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate Tahun Anggaran 2024, yang digelar di Cafe Mozaik Ternate Selatan, Senin (20/2/2023).

1392
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Tema yang diangkat untuk Musrenbang Tahun 2024, yakni, “Sinergi Program Prioritas RPJMD Ciptakan Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif dan Konservasi Sumber Daya Air, Wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan”.

Musrenbang tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, Camat Ternate Selatan, Anang Irianto, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkup Pemerintah Kota Ternate, serta Para Lurah se-Kecamatan Ternate Selatan.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate, H. Muhdar Din mengatakan, Musrenbang merupakan wadah yang disediakan pemerintah bagi masyarakat, untuk dapat berpartisipasi secara lebih aktif, dalam proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan dari tingkat kelurahan.

“Musrenbang Kecamatan Ternate Selatan ini, merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan, untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Pembangunan Kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate di wilayah Kecamatan Ternate Selatan, yang dikoordinasikan oleh Bappelitbangda Kota Ternate dan dilaksanakan oleh Camat,” kata Wali Kota.

Dikatakan, hasil Musrenbang kecamatan nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan, dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah tahun perencanaan 2024.

“Saya juga mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Kelurahan yang telah dilaksanakan. Peran aktif masyarakat di tingkat Kelurahan pada wilayah Kecamatan Ternate Selatan, telah menghasilkan 227 daftar usulan, yang nantinya akan dirumuskan bersama dalam Musrenbang Kecamatan ini, untuk kemudian dimasukkan ke dalam prioritas usulan Kecamatan Ternate Selatan,” ujarnya.

Menurutnya, esensi dari semua kebijakan program yang terakomodir dalam RPJMD dan Renstra Perangkat Daerah, adalah implementasi visi dan misi Ternate ANDALAN, yaitu mewujudkan Ternate yang mandiri dan berkeadilan.

“Untuk itulah, saya sangat mengharapkan kepada semua perangkat daerah, pihak kecamatan, para pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya, mari bersama kita saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun, melalui pelaksanaan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi,” ucap Wali Kota mengingatkan.