Berita

Damis Basir: Kejahatan di Ruang Digital Terus Meningkat

×

Damis Basir: Kejahatan di Ruang Digital Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate, Damis Basir. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate, Damis Basir menyatakan, saat ini perkembangan ruang digital dari waktu ke waktu terus berkembang dan tantangannya semakin besar. Banyak sekali konten negative yang ikut bermunculan, mengiringi ruang digitalisasi di setiap aktifitas masyarakat.

1506
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kejahatan di ruang digital terus meningkat seperti informasi yang bersifat hoaks, konten-konten negatif, ujaran kebencian, penipuan daring, eksploitasi seksual pada anak serta radikalisme berbasis digital ini perlu terus diwaspadai, dan harus menjadi perhatian kita semua untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bersifat negatif, sebab selain dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan, dan juga mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, serta apat merusak masa depan generasi bangsa,” tegas Damis Basir kepada wartawan, di Ternate, Senin (13/2/2023).

Untuk itu, kata dia, seluruh elemen masyarakat harus bertanggungjawab, untuk menangkal konten negatif, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi tanggung jawab masyarakat.

Menurutnya, butuh dukungan seluruh komponen terutama pemuda, untuk menciptakan karya dan konten yang mendidik, agar ruang digital menjadi wadah edukatif bagi masyarakat.

“Karena kehadiran internet harus menjadi sarana, untuk meningkatkan produktifitas, sehingga member nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat,” tandas Damis Basir.