Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu.Foto-Getty/TN

 4,583 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kabupaten Merauke, Papua Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) pada 2023 mendatang.

Penunjukan tersebut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpakeraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri pameran AKI pada 11 September 2022 lalu di Ambon.

Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif di subsektor kuliner, kriya, fesyen (fashion), aplikasi, film dan musik yang diselenggarakan di 16 kota/kabupaten di Indonesia.

Program yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini digulirkan untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu menyatakan bahwa Kabupaten Merauke hadir sebagai peserta dalam pameran AKI di Kota Ambon pada 11 September 2022.

Dalam unjuk karya para pelaku ekonomi kreatif secara nasional itu, Kabupaten Merauke menampilkan produk-produk daerahnya, antara lain madu pokos (madu hutan) yang dikelola oleh pelaku usaha orang asli Papua di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

“Kami bawa madu pokos kemarin di final AKI di Ambon, dan bahkan diapresiasi Pak Menteri. Beliau kemudian menyampaikan statemen bahwa 2023 salah satu kota penyelenggara pameran AKI adalah Merauke,” ujar Benhur, Kamis (1/12/2022).

Benhur mengatakan penyelenggaraan pameran AKI di Merauke akan disesuaikan dengan jadwal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mengingat setiap penyelenggaraan final Apresiasi Kreasi Indonesia di setiap kota, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solahuddin Uno selalu berkenan hadir.

“Kami harapkan ketika Merauke menjadi kota penyelenggara ke depan Pak Menteri bisa hadir,” imbuhnya.

Berita lain untuk anda

Tim DVI Mabes Polri Identifikasi 17 Jenazah Kebakaran Double O Sorong, Ini Cara Kerjanya

 2,455 kali dilihat 2,455 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tim DVI dari Mabes Polri tiba di…

Sebastian Bame minta Nasyarakat Maybrat Dukung PJ Bupati

 6,166 kali dilihat 6,166 kali dilihat TEROPONGMRWS.COM, NAYBRAT – Paska pelantikan Pj Bupati Maybrat DR.Bernhard E.Rondonuwu.M.Si…

PT MSP Kaimana Jamin Stok Bapok Hingga Tiga Bulan Kedepan

 2,582 kali dilihat 2,582 kali dilihat Kaimana-TN Penyebaran penyakit virus corona Covid-19 membuat akses transportasi laut…

2023, Dispora Siapkan Kegiatan Olahraga Bertaraf Nasional di Kalsel

 6,108 kali dilihat 6,108 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas…

Sangkala Nilai Pemberlakuan PSBB di Ambon Sangat Terlambat

 2,525 kali dilihat 2,525 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdullah Asis…

Erick Thohir dan Puan Maharani Tinjau Pembangunan RS Internasional Bali

 1,906 kali dilihat 1,906 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI meninjau pembangunan Rumah Sakit…

Pemkot Ternate Fokus Tutupi Kekurangan Refocusing

 2,576 kali dilihat 2,576 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate fokus untuk menutupi kekurangan…

Gubernur Kaltara: Anemia Merupakan Salah Satu Masalah Kesehatan Masyarakat

 1,973 kali dilihat 1,973 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), H. Zainal…

Waduh! Belasan Orang Dinyatakan Reaktif Saat Ikut Rapid Antigen di Kantor DPRD

 2,438 kali dilihat 2,438 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dari 161 orang yang mengikuti rapid tes…

Tinjau Abrasi di Takalar, Ini Kata PLT Gubernur Sulsel

 2,519 kali dilihat 2,519 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi…