2023, Dispora Siapkan Kegiatan Olahraga Bertaraf Nasional di Kalsel

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) pada tahun 2023 telah menyiapkan kegiatan olahraga bertaraf nasional di Kalsel.

“Jadi pada tahun 2023 mendatang kita ada lima program kegiatan olahraga bertaraf nasional di Kalsel. Hal ini dilakukan untuk memajukan olahraga di Kalsel,” kata Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono kepada wartawan, di Banjarbaru, Selasa (20/12/2022).

Adapun lima event tersebut, yang pertama yaitu Kalsel akan mempersiapkan kegiatan FORNAS di Jawa Barat.

Oleh karena itu, kata dia, untuk menghadapi kegairahan FORNAS, maka pihaknya akan melakukan seleksi daerah dengan mengadakan kegiatan FORDA, untuk menjaring penggiat olahraga KORMI dari setiap induk olahraga.

Kemudian kegiatan kedua menggelar pra kualifikasi PON, untuk cabang olahraga Karate. Apalagi Kalsel terpilih menjadi tuan rumah di tahun depan.

“Hanya saja masih menunggu keputusan dari PB FORKI, namun sebelumnya kita sudah dinobatkan menjadi salah satu kandidat tuan rumah untuk Pra PON cabang olahraga karate,” ujarnya.

Ketiga yaitu, melanjutkan kegiatan futsal nasional yang sudah menjadi agenda tahunan Dispora Kalsel, untuk memantapkan pembinaan serta memasyarakatkan olahraga di Kalsel.

Kemudian keempat, kata Budiono, pihaknya akan mengadakan kegiatan pemecahan rekor muri pencak silat. Dimana, Kalsel pada tahun 2019 telah memecahkan rekor muri karate kategori latihan bersama dengan peserta terbanyak.

Selain empat event tersebut, kata Budiono masih ada event besar lainnya di tahun 2023 mendatang, seperti Kalsel kembali ditunjuk, menjadi tuan rumah POMNAS setelah BAPOMI pusat setuju menunjuk Kalsel sebagai tuan rumah multi event olahraga antar mahasiswa.

“Sebelumnya Kalsel memang sudah pernah menjadi tuan rumah POMNAS, namun tahun depan kita kembali ditunjuk dan menyanggupi hal itu dengan fasiltas, yang memang sudah ada disiapkan oleh Pemprov Kalsel,” tandas Budiono.