Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Mendagri Resmikan Provinsi Papua Barat Daya, Kini Indonesia Punya 38 Provinsi

×

Mendagri Resmikan Provinsi Papua Barat Daya, Kini Indonesia Punya 38 Provinsi

Sebarkan artikel ini
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat melantik Pejabat Gubernur Papua Barat Daya, di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2022). Foto: Erlangga Sebastian/TN.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meresmikan Provinsi Papua Barat Daya. Peresmian berlangsung di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2022).

Berdasarkan pantauan Tim TeropongNews, peresmian berlangsung pada pukul 14.06 WIB.

Example 300x600

Diketahui, Provinsi Papua Barat Daya secara resmi telah disahkan lewat Undang-undang. Provinsi baru di Papua ini disahkan dalam rapat paripurna DPR RI, Kamis(17/11/2022). 

DPR RI menyatakan RUU Provinsi Papua Barat Daya kini telah sah menjadi UU. Sebagai informasi, wilayah dan batas daerah Provinsi Papua Barat Daya telah diatur sebagaimana dalam RUU Pemekaran Papua Barat Daya yang kemudian menjadi UU. 

Provinsi Papua Barat Daya dengan Ibu Kota di Kota Sorong ini mencakup enam wilayah dan memiliki batasan daerah sebagai berikut.

Cakupan wilayah Provinsi Papua Barat Daya yaitu:

-Kabupaten Sorong
-Kabupaten Sorong Selatan
-Kabupaten Raja Ampat
-Kabupaten Tambrauw
-Kabupaten Maybrat
-Kota Sorong (ibu kota)

Dengan disahkannya Provinsi Papua Barat Daya ini, menjadikan jumlah provinsi baru di Papua serta menambah total jumlah provinsi di seluruh Indonesia menjadi 38 provinsi.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *