Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kornelius Kambu : Pemuda Maybrat Harus Kobarkan Jiwa Kepahlawanan

×

Kornelius Kambu : Pemuda Maybrat Harus Kobarkan Jiwa Kepahlawanan

Sebarkan artikel ini
Kornelius Kambu_KadisPendidikan Kabupaten Maybrat. Foto-Onesimus Semunya/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Hari Pahlawan ke-77 tanggal 10 November 2022 harus menjadi momentum bagi para pemuda di Kabupaten Maybrat Papua Barat untuk mengobarkan jiwa kepahlawanan. Demikian Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat, Kornelius Kambu.

“Hidupkan lagi di dalam benak kita tentang perjuangan para pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan, kita resapi semangat dan keikhlasannya,”tutur Kornelius Kambu ditemui usai mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Kantor Bupati Maybrat, Kamis (10/11/2022).

Example 300x600

“Dengan berbekal bambu runcing, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak melawan musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat, pemuka agama, pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang seantero Nusantara, semua melebur menjadi satu. Merdeka atau mati !”seru Kambu.

Lanjut Kambu mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Maybrat baru pertama kali dilaksanakan. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pj Bupati Kabupaten Maybrat.

“Saya mengapresiasi Pj Bupati Maybrat, Pak BernHard E. Rondonuwu yang melaksanakan upacara Hari Pahlawan untuk mengenang perjuangan para leluhur ya, sekalipun peristiwa 10 November 1945 terjadi di Surabaya tapi menjadi momentum yang harus kita peringati di seluruh pelosok negara kesatuan republik Indonesia. Upacara ini sangat luar biasa,”ujar Kambu.

Sebagai anak dari sosok salah satu pejuang di Kabupaten Maybrat yang pada tahun 1969 silam ikut memperjuangkan agar Papua berintegrasi kembali ke negara kesatuan Republik Indonesia, Kornelius Kambu sangat mengapresiasi perhatian bangsa dan negara terhadap kepentingan pembangunan di tanah Papua.

“Saya berharap kepada pemerintah, jangan henti-henti memperhatikan orang Papua,”aku Kornelius Kambu.

Kepada seluruh pemuda di Kabupaten Maybrat, ia menyerukan untuk mengambil hikmah dari peringatan Hari Pahlawan, dan tetap bersatu mempertahankan eksistensi negara kesatuan republik Indonesia serta terus kibarkan merah putih.

Kornelius Kambu berharap dengan pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di Kabupaten Maybrat maka hari-hari besar nasional lainnya akan terus dilaksanakan di Maybrat. Sebab, hal itu akan meningkatkan jiwa nasionalisme bagi generasi muda.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *