Berita

Bantuan Perumahan Swadaya di Kumbe Siap Ditempati

×

Bantuan Perumahan Swadaya di Kumbe Siap Ditempati

Sebarkan artikel ini
Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke, Yohan Makaba R. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bantuan 25 unit perumahan swadaya tahun 2022 bagi masyarakat di Kampung Kumbe Kabupaten Merauke telah selesai dikerjakan.

1334
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Puluhan rumah tipe 36 tersebut merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian PUPR Dirjen Perumahan Rakyat senilai Rp 29 juta/unit ditambah dana sharing dari APBD Merauke Rp 71 juta/unit, sehingga totalnya menjadi 100 juta untuk satu rumah.

“Semuanya sudah dibangun dan sudah selesai dikerjakan, tinggal menunggu waktu Pak Bupati untuk diserahkan ke masyarakat,” terang Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke, Yohan Makaba Rantepadang, Rabu (9/11/2022).

Dikatakan, bantuan dari DAK pusat diperuntukkan untuk perehaban rumah, tetapi karena ditambah dengan dana sharing APBD Merauke kemudian diputuskan bangun baru yang dikerjakan secara swadaya.

Sayangnya, untuk tahun 2023, pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR tidak lagi menurunkan bantuan rumah swadaya untuk Papua dan Papua Barat. Meski demikian, Kabid Perumahan Rakyat, Elisabeth Dinaulik, ST, MT mengatakan pihaknya tetap berupaya untuk mendapatkan penganggaran swadaya dari APBD Merauke.

“Karena kalau swadaya lebih maksimal, hasilnya lebih banyak ketimbang dilakukan secara kontrak atau pengadaan,” ujar Elisabeth.

Disebutkan, total rumah swadaya dan rumah layak huni yang dibangun terhitung sejak 2017 telah capai 2.845 unit tersebar hampir semua distrik di Merauke.