Pawai Budaya Awali Pembukaan KMAN

Konfrensi pers oleh panitia KMAN di media center KMAN, Stadion Barnabas Youwe, Minggu (23/10) sore.

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Acara pembukaan kongres masyarakat adat nusantara (KMAN) ke-VI di Kabupaten Jayapura Papua pada Senin 24 Oktober 2022 (hari ini, red) akan diawali pawai budaya.

Ketua umum KMAN, Mathius Awoitauw mengatakan, pawai budaya akan memulai start di Lapangan Makam Theys Hiyo Eluay dan finish di Stadion Barnabas Youwe. Sebelum pembukaan dimulai, terlebih dahulu akan dilakukan penyerahan batu dan tanah dari setiap duta-duta Nusantara yang dibawa dari masing-masing daerah.

“Sampel batu dan tanah itu akan digunakan untuk pembangunan monumen Nusantara Indonesia,”terang Mathius yang kesehariannya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Jayapura ini saat konferensi pers di media center KMAN, Stadion Barnabas Youwe, Minggu (23/10) sore.

Kegiatan lain yang akan berlangsung selama KMAN, sebut dia, yakni pentas seni budaya, kerajinan masyarakat adat, kuliner masyarakat adat, pentas tarian anak muda, dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

Bupati Jayapura dua periode ini mengajak seluruh masyarakat adat untuk menampilkan budaya serta tradisi dengan menarik dan sebagus mungkin selama KMAN berlangsung pada 24-30 Oktober 2022.

“Panitia sudah menyiapkan stand-stand untuk setiap kegiatan yang akan dilaksanakan selama kongres masyarakat adat nusantara berlangsung,”tutupnya.