Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Tetap Steril Penyakit PMK, Pemkab Merauke Bentuk Tim Pengawas Terpadu

×

Tetap Steril Penyakit PMK, Pemkab Merauke Bentuk Tim Pengawas Terpadu

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Martha Bayu. Foto-Getty/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Meski Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak belum ada di Kabupaten Merauke, Pemkab Merauke melalui Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan sangat sigap dengan membentuk Tim Terpadu untuk melakukan pengawasan di pintu masuk jalur darat, udara dan laut bekerjasama dengan Karantina Pertanian setempat.

Hal ini berdasarkan Instruksi Bupati Merauke melarang masuknya ternak hewan dari luar Merauke dan Surat Dirjen Peternakan RI untuk perketat pengawasan di daerah.

Example 300x600

“Sementara Merauke masih aman, dan kita berharap tetap aman ke depannya,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Merauke, Martha Bayu, Senin (4/7/2022).

Terkait penyakit PMK ini pemerintah sangat konsen untuk mencegah terjadi penyebaran di wilayah yang masih aman. Namun sangat dibutuhkan peran dan kerjasama dari semua pihak dan masyarakat agar mematuhi larangan membawa masuk hewan dari luar Papua terkhusus luar Kabupaten Merauke.

Saat ini, lanjut Martha, potensi hewan sapi dan kambing di Merauke sangat banyak dan akan sangat mampu mencukupi kebutuhan hewan kurban maupun dikirim ke luar daerah.

“Permintaan hewan kurban untuk keluar sebanyak 300 ekor sapi dan 8 ekor kambing,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *