Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Komitmen KKP Wujudkan MLIN Dipertanyakan

×

Komitmen KKP Wujudkan MLIN Dipertanyakan

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty mempertanyakan komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (MLIN).

Pasalnya, hingga kini, program kerja MLIN masuk dalam Usulan Penambahan Anggaran tahun 2023, bukan dalam Alokasi Anggaran Belanja KKP tahun 2023. Dirinya khawatir, MLIN hanya menjadi sekadar janji belaka.

Example 300x600

“Ini kan janji Presiden (Joko Widodo) tahun 2016, saat berkunjung ke Maluku. Jika dilihat dari urgensi ini, maka apakah benar dimasukan ke dalam anggaran tambahan? Saya mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya Maluku disepelekan,” ungkap Saadiah dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Kamis (9/6/2022).

Membahas Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI itu menjelaskan, jika MLIN dimasukan ke dalam usulan penambahan anggaran, maka menandakan MLIN hanya bersifat usulan saja, bukan program kerja prioritas utama KKP. Sehingga, MLIN rentan terhadap pemotongan anggaran.

Padahal, lanjut Saadiah, Maluku telah memberikan kontribusi dengan menyumbangkan 4,66 juta ton per tahun di sektor perikanan tangkap.

Angka tersebut merepresentasikan 37 persen dari total 12,5 juta potensi perikanan di Indonesia. Tentunya, kontribusi ini tidak boleh dinafikan oleh KKP.

“Saya sampaikan, saya akan walk out apabila MLIN kemudian tidak masuk anggaran untuk Maluku ke dalam anggaran murni KKP,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia berharap KKP mendukung mewujudkan janji Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut. Setidaknya, KKP berupaya mengintegrasikan sektor hilir berupa pengembangan industri dengan sektor hulu.

Tidak hanya itu, dia mendorong pembangunan Ambon New Port. Pembangunan pelabuhan ini dinilai krusial sebagai bagian dari MLIN.

“Jadi MLIN ini wajib diakomodir, wajib dijaga, wajib dimasukan (ke dalam alokasi Anggaran Belanja KKP tahun 2023). Dan, KKP itu wajib mengamankan apa yang disampaikan oleh presiden,” tandas legislator daerah pemilihan (dapil) Maluku ini.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *