Empat Penjabat Kepala Daerah Dilantik, Ini Pesan Gubernur Maluku

Gubernur Maluku, Murad Ismail saat melantik empat penjabat kepada daerah di Maluku, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (24/5/2022). Foto-Sherin Amelia/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail akhirnya melantik empat penjabat kepada daerah di Maluku, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (24/5/2022).

Mereka yang dilantik masing-masing, Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin M Wattimena sebagai Penjabat Wali Kota Ambon, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Andi Chandra As’adudin sebagai menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kemudian Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy sebagai Penjabat Bupati Buru, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku, Daniel Indey sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar.

Gubernur Murad dalam sambutannya mengatakan, pelantikan para penjabat kepala daerah, merupakan tahapan yang dilakukan pemerintah pusat (pempus), dalam rangka menghadirkan pilkada nasional 2024.

“Saudara-saudara bupati dan wali kota harus melaporkan tugas sebagai bahan evaluasi kerja, setiap tiga bulan,” kata dia mengingatkan.

Menurut Gubernur Murad, dirinya akan melakukan pengawasan ketat per tiga bulan, terkait dengan tugas penting penjabat bupati dan wali kota.

“Sebagai keputusan menteri tentang pengangkatan bupati dan wali kota. Sebagai Gubernur Maluku, saya akan melakukan pengawasan ketat per tiga bulan,” tegas dia.

Untuk itu Gubernur Murad meminta, empat penjabat bupati dan wali kota, untuk segera menyiapkan langkah-langkah konsilidasi birokrasi, sehingga tercipta birokrasi yang tidak terkotak-kotak.

Tak lupa, Gubernur Murad meminta seluruh ASN di tiga kabupaten dan satu kota, mendukung kerja penjabat kepada daerah, yang ditunjuk oleh negara.

“Saya juga meminta saudara-saudara yang bertugas di daerah masing-masing, untuk segera melakukan koordinasi dengan BPK, mengaudit program pembangunan dan keuangan daerah 2022,” tandas Gubernur Murad.