Berita

21 Berkas ‘Balon’ Ketua DPC Demokrat se-Papua Barat Dikembalikan : Beberapa Nama Punya Pengaruh Besar

×

21 Berkas ‘Balon’ Ketua DPC Demokrat se-Papua Barat Dikembalikan : Beberapa Nama Punya Pengaruh Besar

Sebarkan artikel ini
Tim penjaringan Bakal Calon ketua DPC Partai Demokrat se Provinsi Papua Barat periode 2021-2024. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua Barat akan memilih ketua DPC Partai Demokrat se-Papua Barat saat musyawarah cabang (Muscab) yang rencananya digelar usai hari raya Idul Fitri 1443 H.

Berbeda dengan Muscab sebelumnya, pemilihan ketua DPC Demokrat se-Papua Barat kali ini melalui tahapan penjaringan bakal calon, yang dilakukan oleh tim penjaringan di Waigo hotel, Selasa (19/4/2022).

Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BP OKK) DPD Demokrat Papua Barat, Drs. Royke Adrie Make, MM, menjelaskan penjaringan bakal calon ketua DPC Demokrat se-Papua Barat, bertujuan untuk mendapatkan calon tetap yang kredibel saat pelaksanaan Muscab.

4759
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Tujuan penjaringan bakal calon ketua DPC Demokrat se-Papua Barat ini, tentunya untuk mendapatkan calon tetap saat pelaksanaan Muscab nanti,” ujar Royke Adrie Make.

Menurutnya, harapan terbesar partai Demokrat usai melakukan penjaringan, supaya mendapatkan calon-calon yang kredibel dan berkomitmen untuk membesarkan partai Demokrat di tingkat kabupaten/kota.

“Setelah terpilih nanti, masing-masing ketua DPC Demokrat sudah mempunyai target berapa kursi di parlemen yang harus mereka menangkan. Menariknya, semua bakal calon yang mendaftar, dari persyaratan pengumpulan KTP semuanya mampu kumpulkan lebih dari 1000 KTP yang dikumpulkan,” terangnya.

Kepala Badan Pemilu (Bapilu) DPD Demokrat Papua Barat, Izack Rahareng, SH, MH, juga mempunyai harapan yang sama, yaitu menargetkan Partai Demokrat menang pada Pemilu serentak 2024 mendatang di Papua Barat.

“Rata-rata semua bakal calon yang sudah mendaftar itu, semuanya menyatakan diri siap untuk memenangkan partai Demokrat pada Pemilu serentak 2024 mendatang di Papua Barat, atau di daerah masing-masing dengan berbagai pengalaman,” tandas Politisi senior partai Demokrat itu.

Kata Izack Rahareng, kursi ketua DPC Demokrat ini ternyata diminati oleh para kader dan simpatisan partai Demokrat di 13 kabupaten/kota di provinsi Papua Barat.

Sementara itu, Ketua tim penjaringan Bakal Calon ketua DPC Partai Demokrat se Provinsi Papua Barat, Marthinus Abraham Nasarany, SH, MH, mengatakan sebanyak 21 kader dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat telah mengembalikan berkas pendaftaran kepada tim penjaringan.

“Semua yang mendaftar itu adalah kader-kader partai Demokrat, semuanya mempunyai hak yang sama untuk merebut kursi DPC Demokrat yang ada pada 13 kabupaten/kota di Papua Barat,” terang Nasarany.

Kata Ketua Fraksi partai Demokrat DPR Papua Barat itu, pihaknya akan melakukan fit and proper test usai berkordinasi dengan ketua DPD Demokrat Papua Barat, Abdul Faris Umlati sebagai penanggungjawab.

“Setelah itu, DPD Demokrat Papua Barat akan menentukan kader-kader yang layak untuk ditetapkan sebagai calon, dan selanjutnya akan dipilih pada Muscab partai Demokrat,” jelasnya.

Dijelaskan, bahwa hingga proses pendaftaran ditutup, sebanyak 21 kader dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat telah menyerahkan berkas pendaftarannya. Berikut nama-nama bakal calon ketua DPC Demokrat bersama daerah masing-masing.

Kota Sorong

  1. Jongky R Fonataba
  2. Yonas Howay

Kabupaten Sorong

  1. Lexie Durimalang
  2. Elon Fadan

Manokwari

  1. Frans Kareth
  2. Mondry Watimena
  3. Alimudin D
  4. Roland Y.S Yarollo

Manokwari Selatan

  1. Yohanes B

Pegunungan Arfak

  1. Yulianus Dowansiba

Sorong Selatan

  1. Yance Salambauw
  2. Salomina Salamuk
  3. Elisabeth Aifufu

Raja Ampat

  1. Orideko I Burdam

Maybrat

  1. Karel Murafer

Fakfak

  1. Zulkifly Bay
  2. Delvin Ch Siau
  3. Fredy R

Teluk Wondama

  1. Amos Wellem Ayaut

Tambrauw

  1. Ferdinan Yesnat

Bintuni

  1. S.E.L