Pemprov Sulsel Dukung Akselerasi Percepatan Vaksinasi oleh Pempus

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berupaya dalam percepatan cakupan vaksinasi Covid-19. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam hal ini Pelaksana Tugas Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman, mendukung upaya pemerintah dalam upaya percepatan akselerasi vaksinasi. Baik yang digencarkan oleh Presiden, Kapolri dan Panglima TNI.

Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai target 70 persen capaian dosis 1 dari target 7 juta lebih orang. Kini berfokus untuk percepatan vaksinasi bagi lansia.

Hal itu dilakukan sebagai syarat untuk memulai pelaksanaan vaksinasi bagi anak yang berusia 6-11 tahun.

Di mana untuk pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun harus memiliki kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen, dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

“Kita sudah mencapai target 70 persen pada Desember 2021 lalu. Fokus kita sekarang untuk vaksinasi lansia dan anak berusia 6-11 tahun,” kata Andi Sudirman kepada wartawan, di Makassar, Rabu (12/1/2022).

“Kita tentu mendukung sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi, Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Bapak Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, untuk bagaimana percepatan akselerasi vaksinasi. Untuk membangun herd immunity (kekebalan kelompok),” tambah dia.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Andi Sudirman, tentu melibatkan oleh sinergitas bersama, baik dari TNI-Polri di daerah serta kelompok masyarakat lainnya.

“Insya Allah dengan bersama TNI-Polri serta nakes yang kita miliki, kita bisa mencapai target untuk vaksinasi bagi lansia dan anak usia 6-11 tahun,” tegasnya.

Percepatan vaksinasi, kata dia, juga merupakan kunci untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko dari varian baru Covid-19, Omicron.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk senantiasa berdoa, menjaga asupan gizi, serta disiplin protokol kesehatan.

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun didasari telah terbitnya rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunizational/ ITAGI) perihal kajian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, dan sudah adanya Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM untuk penggunaan vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun.