Pemberian bantuan beasiswa diserahkan secara langsung oleh Wali Kota Sorong Lambert Jitmau kepada para mahasiswa moi, di gedung samu siret kantor Walikota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka mendukung kelancaran studi mahasiswa asli suku moi Kota Sorong di perguruang tinggi, Pemerintah Kota Sorong memberikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa moi.

<

Pemberian bantuan beasiswa tersebut diserahkan secara langsung oleh Wali Kota Sorong Lambert Jitmau kepada para mahasiswa moi, bertempat di gedung samu siret kantor Walikota Sorong, Rabu (12/1/2022).

Mahasiswa moi yang berjumlah 184 orang itu masing – masing mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp. 10.000.000 yang dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah.

“Ini adalah bentuk pemerintah Kota Sorong kepada anak-anak moi, karena kita tinggal di atas tanah moi,”ujar Lambert.

Bantuan beasiswa ini sendiri bersumber dari dana otonomi khusus (otsus) yang memang diberikan kepada Orang Asli Papua (OAP), khususnya masyarakat suku moi di Kota Sorong.

“Setiap kabupaten dan Kota di Papua Barat memiliki dana otsus, jadi di Kota Sorong untuk anak-anak moi,” katanya.

Lanjutnya, bantuan ini adalah yang ketiga kalinya dan rencanya pertengahan tahun 2022 ini juga, akan diberikan kepada mahasiswa moi lainnya.

“Mungkin nanti saya akan berikan bantuan yang terakhir kepada mahasiswa moi tahun ini,” ungkapnya.

Lambert berharap, bantuan serupa masih tetap dilakukan di tahun mendatang oleh Kepala Daerah selanjutnya, kendati dirinya sudah tidak menjabat sebagai Wali Kota Sorong, sebab dukungan semua pihak sangat diperlukan guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) orang asli papua di Kota Sorong.

Berita lain untuk anda