JOSS Academy Gelar Pelatihan Memaksimalkan Ponsel untuk Memotret

TEROPONGNEWS.COM, SIDOARJO – Selama ini banyak orang yang memiliki handphone (HP) namun tidak maksimal dalam penggunaannya. HP lebih banyak digunakan untuk aktivitas bermedia sosial (medsos). Ketimbang digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya fotografi produk.

Hal inilah yang ditangkap oleh Joeragan Sociopreneur Smanisda (JOSS) Academy, komunitas sociopreneur alumni SMAN 1 Sidoarjo. Komunitas ini menggelar pelatihan fotografi produk di Sawunggaling Sport Canter, Jalan Pecantingan No. 27, Sekardangan, Sidoarjo, Minggu, 23 Januari 2022.

Sebanyak 65 peserta ikut pelatihan ini. Mereka berasal dari masyarakat umum maupun anggota JOSS Academy.Peserta banyak dari kalangan pelaku produsen kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Upaya ini untuk peningkatan kapasitas masyarakat agar produk-produk usahanya memiliki kualitas foto yang bagus.

“Tujuan pelatihan ini agar produk-produk usahanya menarik masyarakat atau konsumen sehingga bisa membeli produknya,” ungkap Dian Harmuningsih, salah satu panitia pelaksana pelatihan ini.

Pemateri pelatihan ini ada dua orang, yaitu Andrie Fery Firnandy dan Lidya Merdyanti. Keduanya merupakan pelaku kegiatan fotografi produk dan berpengalaman luas. Beberapa foto yang dihasilkan sering juga dibeli oleh perusahaan dalam dan luar negeri.

Dalam pelatihan ini, pembahasan pertama mengulas tentang teknik memotret. Bahasan kedua tentang cara mengedit dan penggalian-penggalian ide dari sekitar.

“Tujuan utama pelatihan ini agar kamera di gadget atau ponsel kita bisa dimaksimalkan penggunaannya,” imbuh Dian.

Peralatan standar pemotretan secara umum memang banyak. Namun karena saat ini ponsel sudah memiliki fitur yang bagus, maka lebih mudah menggunakan kamera ponsel. Di akhir acara, peserta wajib melaksanakan praktik untuk memotret produknya. Lalu diunggah ke Instagram JOSS.