Caretaker Ikatan Cendikiawan Awam Katolik Papua Barat Dibentuk

penyerahan SK kepada Caretaker ICAKAP kabupaten/kota se- Papua Barat. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Cendikiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP) menggelar rapat koordinasi (Rakor) di Waigeo Hotel, kota Sorong, Papua Barat, Jumat (14/1/2022).

Rakor tersebut digelar dalam rangka penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada pengurus sementara (Caretaker) ICAKAP kabupaten/kota se- Papua Barat.

Foto bersama Caretaker ICAKAP Papua Barat pada Rakor penyerahan SK di Waigeo Hotel Sorong.(Foto: Mega/TN)

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) ICAKAP Papua Barat yang juga merupakan Caretaker ICAKAP kabupaten Maybrat, Sebastian Bame, S. IP menjelaskan, bahwa ICAKAP adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya awam Katolik dan juga tokoh-tokoh Katolik untuk membahas berbagai persoalan yang ada di Papua Barat, baik itu persoalan ekonomi, Hak Asasi Manusia (HAM), keagamaan, sosial, dan pendidikan.

“Sekitar tahun 2003, diberikan mandat kepada awam Katolik di Sorong untuk membentuk ICAKAP tapi tidak terbentuk, sehingga melalui forum Kongres ICAKAP di Provinsi Papua sekitar tahun 2016, forum itu memutuskan Vinsensius Lokobal sebagai Ketua ICAKAP dan saya sebagai koordinator wilayah ICAKAP di Provinsi Papua Barat, “ujarnya.

Terpilihnya ia sebagai Korwil ICAKAP Papua Barat, Sebastian diberi tugas untuk mendorong dan membentuk ICAKAP di beberapa kabupaten/kota yang ada di Papua Barat, melalui penyerahan SK caretaker kepada pengurus yang sudah ditunjuk.

“Misalnya sekarang tadi, kita sudah serahkan SK Caretaker kepada mereka yang sudah kita percaya. Nanti mereka bentuk kepengurusannya baru kita undang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ICAKAP yang ada di Jayapura untuk melakukan pelantikan, “terangnya.

Sebastian menuturkan, agenda pelantikan pengurus IKACAP Papua Barat akan dilakukan setelah berakhirnya masa jabatan Caretaker IKACAP. Di mana dalam SK itu berlaku 6 bulan, terhitung tanggal 7 November 2021.

“Karena Caretaker yang kita berikan 6 bulan, kemungkinan Maret atau April dilantik, “pungkasnya.