Belasan Casis Tamtama Ikuti Tes Wawancara Litpers

Tes wawancara Litpers bagi Casis Tamtama di Lanud DMA Merauke. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 11 orang Calon Siswa (Casis) Tamtama PK TNI AU Gelombang III TA. 2022 melanjutkan tes penelitian personil (Litpers) wawancara, di kantor Intelpam Lanud J.A Dimara, Merauke, Selasa (26/1/22).

Menurut pengganti sementara Kepala Intelejen dan Pengamanan (Ka Intelpam) Lanud J. A Dimara Letda Sus Robertus Bambang T mengatakan tujuan diadakannya Litpers wawancara ini adalah untuk menjaring Casis terbaik dan tangguh yang terbebas dari pengaruh negatif di lingkungan Casis tersebut.

Sedangkan tujuan Litpers wawancara yaitu untuk menyiapkan calon Tamtama yang memiliki mental dan pribadi yang baik, cinta dan loyal terhadap Tanah Air, memiliki nasionalisme yang tinggi, serta loyalitas terhadap Pimpinan dan Negara. Hal ini dihadapkan dengan situasi perkembangan lingkungan strategis baik dalam maupun luar negeri.

“Sebagai contoh penyalahgunaan Narkoba, minum minuman keras dan paham yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945. Serta untuk mengetahui secara umum tingkat pengetahuan para calon siswa tentang Negara Republik Indonesia dan ideologi dasar Negara serta mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas didalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Kaur Kasuburpulta Urintelud Intel Lanud J.A Dimara.

Mengingat saat ini banyak tantangan yang harus dihadapi khususnya terhadap mental dan psikologi seseorang, lanjut Letda Robertus, maka perlu adanya pembangunan karakter Bangsa yang baik, sebagai filter guna terpeliharanya dan terjaganya kedaulatan NKRI yang salah satunya sebagai tanggung jawab TNI pada umumnya dan TNI AU khususnya.