Komandan Lanud J. A Dimara (kedua dari kiri) Kolonel Pnb A. Gotot Winardi didampingi para perwira Lanud DMA. Foto geety/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Personil Lanud J.A Dimara Merauke, mengikuti latihan pertahanan pangkalan (Hanlan) TNI AU tahun 2021 selama empat hari. Diawali dengan pembukaan, teori, dan praktek bagi peserta pelatihan.

<

Adapun kegiatan yang dilakukan mulai dari kegiatan pengenalan pangkalan Mako Lanud DMA, pengamanan pangkalan bandara, dan kegiatan patroli secara acak.

“Dengan pelatihan, anggota kami dapat mengetahui mekanisme dan bentuk-bentuk operasi pertahankan pangkalan,” ujar Danlanud DMA Kolonel Pnb A. Gogot Winardi, S.T, Kamis (02/12) di Base Ops Lanud DMA.

Danlanud berepesan kepada peserta pelatihan untuk tidak berpuas diri dengan apa yang sudah didapatkan, sebab masih banyak tugas-tugas berat yang nyata dengan potensi ancaman yang terus berkembang.

Peserta diharapkan menjadikan pengalaman latihan sebagai motivasi untuk lebih waspada dalam menghadapi berbagai ancaman yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, evaluasi tetap dilakukan guna mengetahui tingkat kesulitan, kendala maupun hambatan yang dapat dijadikan sebagai referensi tugas selanjutnya dalam pengembangan teknik dan taktik strategi latihan.

Danlanud menambahkan bahwa selain latihan Hanlan yang rutin dilaksanakan setiap tahun, kali ini ada kegiatan tambahan yakni jalan santi bersama mengitari objek fital. Titik star dari Mako Lanud menuju Jalan Payum ke arah Mopah Lama menuju Pasar Baru dan kembali ke Mako Lanud DMA.

“Dengan pembinaan fisik berjalan mengelilingi asset vital, mereka terlatih untuk siap siaga untuk pertahanan pangakalan. Selain itu, saat dibutuhkan dalam hal penanganan kemanaan Anggota TNI AU sudah siap,” ujar Kolonel

Kesempatan yang sama, selaku komandan satuan, ia mengapresiasi kinerja dan semangat anggotanya dalam melaksanaan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Sangat diharapkannya para Anggota TNI AU yang dipimpinnya itu semakin mantap dalam melaksanakan tugas dan tetap berikan kinerja yang baik bagi masyarakat, bangsa dan negara. Pelatihan Hanlan dimulai Senin (29/11) ditutup Kamis (02/11).

Berita lain untuk anda

Suspek COVID-19 Diwilayah Zona Kuning Wajib Karantina Terpusat

Manokwari,TN-  Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani,S.H.,M.Si menegaskan,…

Hery Korano: Pilkada R4 Ajang Adu Gagasan, Bukan Adu Fisik

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Tokoh Pemuda Kabupaten Raja Ampat, Hery Korano mengingatkan semua…

Pangdam XVIII/Kasuari : Hindari Konflik, Kita Harus Bersinergi

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Warga Kodam XVII/Kasuari harus menjaga kebersamaan, kekompakan serta soliditas…

Pertamina Beri Cashback 50 Persen untuk 10.000 Ojol Setiap Hari

Jakarta, TN-Pertamina meluncurkan program khusus untuk para Ojek Online (Ojol) berupa cashback…