Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi Maluku, Mumin Refra. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Pusat (Pempus) diminta untuk mencabut moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB), agar pemekaran kabupaten/kota di Maluku bisa segera dilakukan, sehingga target percepatan perekonomian, dan pemerataan pembangunan dapat dicapai.

<

“Dalam rangka mempercepat dan pemerataan pembangunan di Maluku, maka Fraksi Pembangunan Bangsa merasa perlu dilakukan langkah-langkah strategis percepatan pembangunan daerah dengan mendorong pemerintah daerah dan DPRD Provinsi Maluku meminta pempus agar membuka moratorium DOB. Selain itu, perjuangan RUU daerah kepulauan menjadi sangat penting dan mendesak untuk dilakukan,” kata Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi Maluku, Mumin Refra kepada wartawan, di Ambon, Senin (20/12/2021).

Menurutnya, dari segi ekonomi, jika moratorium DOB dibuka maka akan terbukanya peluang bagi pemerintah di daerah, untuk mengembangkan kebijakan regional dan lokal, untuk mengoptimalkan pendayagunaan potensi.

Sementara dari segi sosial, akan menciptakan kemampuan masyarakat untuk merespon dinamika kehidupan disekitarnya.

“Juga bisa mengetahui masalah-masalah yang menjadi kewenangan, atau acuan program suatu daerah, dalam meningkatkan produktivitas dalam bidang tertentu,” ujar Refra.

Selain itu, lanjut dia, dengan dibukanya moratorium DOB, maka pemerintah bisa mengetahui sejauh mana arah dan sasaran suatu daerah, dalam pencapaian menuju suatu daerah yang otonom.

“Mengetahui tingkat keberhasilan dalam pencapaian program atau program tertentu, sehingga suatu daerah bisa menjadi daerah otonom,” tandas Refra.

Berita lain untuk anda

PT. Garuda Indonesia Siap Bantu Polda Maluku Sukses Pilkada Serentak 2020

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, melalui Valentry Akela berjanji,…

Polresta Bangun Tenda Untuk Korban Kebakaran di Ongko Liong

Ambon, TN – Prihatin atas kondisi korban kebakaran, Polresta Pulau Ambon dan…

BPBD Sulsel Salurkan Bantuan Logistik Bagi Dua Daerah yang Terdampak Banjir

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)…

KSU Primer Perkebunan Sawit Mandob Sejahtera Selenggarakan RAT ke Empat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha (KSU) Primer…