Loka POM Merauke Lakukan Pemeriksaan Sarana Produksi UKM

Pemeriksaan sarana produksi di UKM Montok Food di rumah produksi bakso ikan milik Ibu Hariati S. Gebze Gudang Arang, Merauke oleh petugas Loka POM. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Merauke melakukan pemeriksaan sarana produksi dalam rangka pendampingan UKM dan sertifikasi pangan olahan di wilayah setempat.

Kegiatan dilaksanakan di beberapa titik, salah satunya di UKM Montok Food Gudang Arang tepatnya di rumah produksi bakso ikan milik Ibu Hariati S. Gebze, Kamis (09/12) untuk memastikan kelayakan sarana produksinya.

Loka POM hadir untuk membantu pendampingan UKM dalam sertifikasi produk. Sekaligus mendapatkan informasi kendala yang dihadapi dalam pengurusan ijin untuk dapat ditindaklanjuti.

“Kami berharap semua produknya bisa mempunyai ijin edar dari Balai POM, sehingga tidak terjadi masalah saat melakukan distribusi produk,” terang Kepala Loka POM Merauke, Agustince Werimon pada sela-sela kegiatan.

Ia menyebut, di Merauke terdapat beberapa UKM yang sudah punya ijin edar BPOM, seperti kripik pisang, bakso ikan, VCO dan minyak goreng serta produk lokal lainnya.

Nilai plus bagi masyarakat Merauke menurut Agustince adalah sangat patuh untuk mengikuti setiap persyaratan setelah dilakukan pembinaan oleh petugas Loka POM.

“Saya salut sama orang Merauke, cenderung patuh. Kalau kami temukan satu temuan, itu karena mereka belum pernah dibina. Setelah dilakukan pembinaan pasti mereka patuh melaksanakan persyaratan,” terang Agustince.

Pihaknya juga rutin melakukan pengawasan terhadap pengedaran pangan kadaluarsa. Setiap minggu ada pengawas lapangan terutama jelang Natal dan tahun baru untuk memastikan kelayakan setiap pangan yang beredar di masyarakat.