Kondisi Cuaca Tak Menentu, Wali Kota Ternate Minta Warga Waspada

Wali kota Ternate, Tauhid Soleman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali kota Ternate, Tauhid Soleman meminta, seluruh warga agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Saya prihatin atas musibah yang dialami oleh beberapa kelurahan di Kota Ternate, akibat banjir Rob yang melanda, yang juga terjadi di daerah lainnya di Indonesia,” kata Wali Kota kepada wartawan, di Ternate, Rabu (15/12/2021).

Pernyataan Wali Kota ini terkait dengan peringatan dini yang telah dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, bahwa cuaca buruk yang melanda Maluku Utara.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Djoko Sumardiono mengaku, berdasarkan update cuaca yang terus dipantau BMKG, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), akan adanya peningkatan curah hujan.

“Peringatan dini cuaca patut diwaspadai, karena akan terjadi potensi hujan sedang lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Patani, Morotai, Jailolo, Tobelo, Galela, Ibu, Ternate dan Kao pada siang dan malam hari,” ujarnya.

Menurutnya, berpotensi terjadi gelombang tinggi signifikan mencapai 2.0 meter di wilayah perairan Morotai, laut Halmahera, perairan Loloda, perairan Halmahera Barat bagian Utara perairan Ternate, Batang Dua, Bitung perairan timur Halmahera dan perairan Gebe.

“Jadi beberapa wilayah memang terpantau waspada, karena akan terjadi gelombang mulai dari 2.0 meter hingga 0.5-3.0 meter,” tandas dia.