Masijid Baitussalam dijalan Sungai Kamundan, Km.12 Masuk, kota Sorong, papua Barat. (st)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anda belum pernah divaksinasi Covid-19 atau sudah divaksin satu kali? jangan ragu atau bingung karena alasan belum tahu dimana tempatnya. Diberbagai titik lokasi di kota Sorong belakangan ini hampir setiap harinya dibuka kegiatan vaksinansi massal.

<

Bagi anda, khususnya warga kelurahan Malasilen dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi jika hendak divaksinasi. Pagi ini mulai jam 08.00 WIT akan digelar kegiatan vaksinasi di halaman masjid Baitussalam. Demikian diumumkan oleh pengurus masjid Baitussalam melalui pengeras suara pagi ini usai waktu shalat subuh.

Vaksin yang digelar di masjid Baitussalam hari ini disponsori oleh Polres Sorong Kota dimulai dari pukul delapan pagi sampai dengan selesai. Mengapa kita harus divaksinasi karena banyak manfaatnya bagi tubuh dan kehidupan sosial kita.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah manfaat dari vaksinasi :

Vaksin Dapat Mencegah Covid-19 Menginfeksi Tubuhmu

Kita sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi, bukan? Sejak kecil kita telah melakukan vaksinasi dan imunisasi untuk berbagai penyakit. Saat ini tersedia vaksin untuk melindungi setidaknya 20 penyakit seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak. Menurut WHO, kehadiran vaksin-vaksin yang ada selama ini diestimasikan telahmencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun. Sehubungan dengan Covid-19, vaksinasi Covid-19 dapat melindungimu, dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan dalam tubuh, untuk memerangi virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Dengan antibodi tersebut, tubuhmu akan terlatih untuk mencegah dan melawan infeksi Covid-19. Vaksinasi memang bukanlah obat yang menyembuhkan Covid-19 secara total. Namun,menurut para ahli, kalaupun kamu terkena Covid-19 setelah vaksinasi, vaksin akan mencegah tubuhmu dari infeksi dan gejala penyakit Covid-19 yang jauh lebih fatal, karena tubuhmu kini punya sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat. 

Vaksin Dapat Membantumu Melindungi Sekitarmu

Ketika kamu divaksinasi, kamu tidak hanya melindungi dirimu sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarmu. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin Covid-19. Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Mereka yang tidak bisa divaksinasi mengandalkan kamu yang dapat divaksinasi untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit ini ke orang lain. 

Vaksin Dapat Melindungi dan Membantu Tenaga Kesehatan

Tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas? Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari Covid-19. Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, lho. Tenaga kesehatan dapat mendedikasikan upaya, dana, dan peralatan mereka untuk membantu pasien dengan gejala yang lebih berat, penyakit yang tidak dapat dicegah lainnya, serta mencegah penumpukan pasien-pasien di rumah sakit.

Dengan Vaksin, Pandemi Dapat Segera Berakhir

Kamu pasti ingin pandemi segera berakhir? Inilah waktunya. Jika kamu divaksinasi dan semakin banyak orang yang divaksinasi Covid-19, maka semakin besar juga pertahanan diri begitu banyak orang. Hal ini akan mendorong pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok, berupa kondisi di mana penduduk di suatu daerah sudah kebal terhadap suatu penyakit. Herd immunity ini akan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seiring dengan semakin banyak orang yang divaksinasi. Untuk menghentikan pandemi, seluruh sumber daya tentu harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Menerima vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir. 

Berita lain untuk anda

DPRD Curiga DAS Positif Covid-19 Saat Jalani Perawatan di RSUD Haulussy

Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku curiga, DAS, satu pasien asal Kabupaten…

Forkopimda Diminta Dukung Penanganan HIV/AIDS di Kupang

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man yang juga…

Anggota DPR Papua Barat Marthinus Nasarany Lakukan Reses III Tahun 2020

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Anggota DPR provinsi Papua Barat, Marthinus Abraham Nasarany, SH, MH,…

Di Talaud Dua Negatif, Satu Jadi PDP

Talaud,TN – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Talaud memastikan 1 warga berstatus…