BPJS Ketenagakerjaan dan Pos Indonesia Launching Kerjasama

Launching kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dan Pos Indonesia secara virtual. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Launching kanal daftar dan bayar iuran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pos Indonesia digelar Senin (20/12/2021) di Jakarta. Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke dan Kantor Pos Merauke.

Launching dilakukan sebagai awal dimulainya kerjasama antara kedua pihak dengan tujuan memperbanyak jumlah peserta BPJS Ketenagajerjaan informal, dan lebih mengoptimalakan aset Pos Indonesia baik aset fisik maupun digital.

“Kita siap untuk membantu BPJS Ketenagakerjaan karena dengan kerjasama ini aset kita makin produktif,” ujar Direktur Utama PT. Pos Indonesia, Faizal Rocmad Djoemadi.

Ia menyebut, Pos Indonesia punya empat pelayanan yakni pelayanan kurir service, jasa keuangan, logistik bisnis, dan properti service.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo dalam kesempatan yang sama menyampaikan manfaat kerjasama ini akan menjawab tuntutan BPJS Ketenagakerjaan
sebagai lembaga publik yaitu cakupannya harus mampu mengcover kepesertaan lebih luas.

“Pospay sangat potensial dan dinamis.
Ini yang kita lihat ke depan bagaimana kita bisa masuk ke segmen yang informal, kita harus menggunakan kolaborasi. Melalui pospay merupakan cara kita untuk memperluas dan potensi penerimaan juga cukup besar, bisa dua kali lipat melalui kerjasama ini, karena kami pasti lebih mudah menjangkau mereka yang di pelosok.” terang Anggoro Eko Cahyo.

Kepala Kantor Pos Cabang Merauke, R. M. Tambunan mengatakan Pos Indonesia sudah tesebar sekitar 70 persen di tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan masih terbatas, sehingga sangat penting dilakukan kolaborasi guna meningkatkan kepesertaan informal atau pekerja bukan penerima upah tersebut.

“Targetnya kalau sebelumnya penerimaan BPJS Ketenagakerjaan hanya sampai 6 triliun, di tahun depan bisa lebih bahkan dua kali lipat,” ucap Tambunan usai menyaksikan launching virtual di Kantor Pos Merauke.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Merauke, Alamsyah Ali menuturkan bahwa dalam kerjasama ini kantor pos akan melayani dua layanan yakni proses daftar dan proses bayar. Pospay melalui media hanpon akan memudahkan bagi pengguna android.

“Kami berharap dengan kerjasama ini, kepesertaan khusus peserta bukan penerima upah akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.