Tampak Anggota Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali bersama Ibu Kristin dan bayi yang baru dilahirkan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali Pos Yakyu membantu proses persalinan darurat kepada salah satu warga perbatasan RI-PNG, ketika dalam perjalanan menuju hutan Yakyu, Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke.

Diketahui ibu hamil yang dibantu persalinan darurat itu bernama Kristin yang tengah mengikuti suaminya ke hutan pada Rabu (24/11).
Demikian pernyataan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali Letkol Inf Goklas P. Silaban, Kamis (25/11) dalam rilis.

“Anggota kami yang berada di Pos Yakyu Kampung Rawabiru membantu proses persalinan ibu Kristin saat hendak ke hutan bersama suaminya. Proses persalinan dilaksanakan di tempat singgah (pondok) yang hanya beratapkan terpal, dan bayinya terlahir dengan selamat walaupun perlengkapan yang kami miliki sangat terbatas,” ujar Dansatgas.

Sebelum itu, salah seorang warga Yakyu datang ke Pos dan melaporkan kalau wanita hamil tersebut sudah menunjukan tanda-tanda akan melahirkan bayinya. Tidak menunggu lama, anggota kesehatan Pos Yakyu langsung menuju pondok di mana ada ibu hamil sambil membawa kelengkapan kesehatan yang dibutuhkan.

“Proses persalinan berjalan dengan lancar dan selamat,” pungkas Dansatgas Yonif 123/RW.

Dikatakan, lokasi RT 03 Yakyu sangat jauh dari Puskesmas dan untuk mencapai ke fasilitas kesehatan tersebut harus melintasi rawa dengan jarak kira-kira 30 KM, menggunakan Ketinting (Perahu Kecil). Oleh sebab itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah warga meminta bantuan kepada anggota Pos Yakyu Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW.

Berita lain untuk anda