Konferensi Pers pengungkapan kasus perlindungan anak di Polres Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum didampingi Plt. Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Najamuddin, MH dan anggotanya melaksanakan konferensi pers, terkait keberhasilan mengungkap kasus perlindungan anak.

Kasus tersebut terjadi pada hari Kamis 18 Nopember 2021 sekitar pukul 12.00 Wit dengan TKP ( Tempat Kejadian Perkara ) di jalan Biak Merauke yang dilakukan oleh pelaku AAS (18) salah satu siswa SMA di Merauke terhadap anak SD umur 9 tahun.

“Terlapor ini ditanggkap atas perintah dari saya, dengan cepat menghubungi Plt Kasat Reskrim dan ditindaklanjuti dengan cekatan mengambil tindakan melakukan penangkapan terhadap pelaku. Setelah ditangkap langsung dilaksanakan tes urene dan hasilnya yang bersangkutan mengkonsumsi minuman keras dan menggunakan Narkoba jenis ganja,”ungkap AKBP Untung Sangaji di ruang Humas Polres Merauke, Rabu (24/11).

Lanjut Kapolres Merauke menyampaikan selain upaya percobaan pemerkosaan terhadap korban 9 tahun itu, ternyata terlapor juga pernah membawa pacarnya ke TKP yang sama untuk melakukan berbuatan mesum, tidak menutup kemungkinan ada korban lainnya juga.

“Saya apresiasi atas kinerja Plt. Kasat reskrim dan anggotanya yang dengan cepat ungkap kasus ini, saya bangga dan terima kasih,” ucap Kapolres.

Kesempatan yang sama Plt. Kasat Reskrim juga menyampaikan kronologis penangkapan terlapor,nyakni ditanfkao hari Sabtu lalu dan waktu penangkapan tidak terjadi perlawanan serta terlapor juga sudah mengakui perbuatannya.

“Atas perbuatannya ini terlapor dikenakan pasal 81 ayat (2) UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi UU Jo. Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara,” pungkas AKP Najamuddin.

Di akhir rilis, Kapolres Merauke mengimbau kepada orangtua dan amsyarakat pada umumnnya agar lebih perhatian kepada anak-anak terlebih anak perempuan. Baik di jalan pulang sekolah, dianapun berada, kepada siapa dia bergaul, dan anak-anak agar diarahkan dengan baik untuk selalu berhati hati dan waspada.

Berita lain untuk anda