Kebersamaan OMK Keuskupan Agung Merauke di Patung Kristus Raja di Stasi Poo. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Beragam ungkapan sukacita diwujudkan dalam merayakan Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) 2021. Kaum muda Katolik di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dan Keuskupan Agung Merauke, merayakannya dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dilakukan adalah memasang memasang bingkai foto di media sosial dan juga mengikuti lomba Cover Lagu Theme Song HOMS 2021. Hebatnya, OMK St.Valentinus Paroki St.Yosep Bambu Pemali meraih Juara 2 dalam lomba cover lagu yang diselenggarakan oleh Komkep KWI.

Sukacita dalam merayakan HOMS tahun ini makin terasa istimewa karena bertepatan dengan Pesta Kristus Raja Semesta Alam yang dirayakan oleh Gereja Katolik di seluruh dunia yang jatuh pada Minggu 21 Nopember 2021.

“Orang muda harus menciptakan kebisingan secara positif untuk menunjukan kebaikan kepada dunia, menjadi kreatif dengan talentanya dan berbagi dengan umat dan masyarakat,” demikian pesan Bapa Suci Paus Fransiskus yang disampaikan dalan rilis tertulis, Rabu (24/11) dari OMK KAMe.

OMK KAMe sendiri ambil bagian dalam menyongsong perayaan HOMS dengan mengadakan ziarah ke Patung Kristus Raja Poo pada Sabtu-Minggu 20-21/1, yang diikuti 350 OMK dari kevikepan Merauke dan Kevikepan Wendu.
Sebelum berangkat diadakan pelepasan dan berkat perutusan di halaman Kantor KAMe oleh Pastor Hendrikus Kariwop MSC Vikjen KAMe dan Pastor Aloysius sebagai Ketua Pusat Pastoral Keuskupan (Puspaskup).

“Ziarah sebagai ungkapan nyata bahwa kita mengambil bagian didalam perayaan HOMS yang bertepatan dengan Minggu Kristus Raja. Kaum muda KAMe berkumpul untuk ambil bagian dalam seruan bukan sekedar anjang sana untuk memuji patung Kristus Raja tetapi teristimewa pergi untuk menghadirkan Kerajaan-Nya dan menjadi saksi di tengah lingkungan dan masyarakat, juga untuk membangun persekutuan dan persaudaraan yang kokoh dalam hidup sebagai OMK KAMe,” ungkap Pastor Alo.

Lanjut dikatakan, perjumpaan kali ini hendaknya menjadikan OMK menjadi satu persekutuan iman kaum muda Katolik sejati sehingga apa yang dilakukan memperkaya jati diri dan berinteraksi menjadi orang Katolik yang dewasa dan militan sebagai saksi Kristus.

Sekretaris Komkep, Beatha Kandam, mengajak OMK bergaul dan membaur dengan paroki lain dan menikmati perjalanan dengan sukacita penuh persaudaraan. Perjalanan menuju Poo ditempuh dalam waktu 5 jam dalam suasana hujan namun semua berjalan lancar dan tiba ditempat disambut secara adat oleh umat Stasi Poo.

Kemudian dilanjutkan pawai obor pada malam harinya yang diarakan dari ujung kampung menuju gereja stasi sambil melantunkan doa dan nyanyian, dan dilanjutkan misa HOMS yang dilaksanakan di pelataran Patung Kristus Raja Poo. Misa dipimpin oleh Pstor Everardus Resubun MSC ketua Komisi Kepemudaan KAME dan Pastor Vitalis Aty SVD selalu Pastor Paroi St.Yosef Freinadametz Jagebob.

Tema HOMS ke-36, “Berdirilah Aku” menetapkan orang muda seduania menjadi saksi tentang segala sesuatu yang dilihat. Orang muda Katolik diajak untuk menerima Kristus tak hanya dimohonkan untuk imam, biarawan/i tetapi juga kepada orang muda yang dipanggil untuk mengikuti Tuhan dalam hidup ini.

Kali ini, Paus mengangkat kisah tentang Rasul Paulus, supaya orang muda belajar dari Rasul Paulus yang adalah seorang pendosa, tetapi dipilih dan dikasihi oleh Tuhan. Dia (Paulus) mengejar jemaat kristen bahkan membunuh mereka, tetapi pengalaman ke Damsyik mengantar Paulus untuk bertobat.

Dari kisah Paulus, OMK diajak untuk belajar bahwa sebagai pendosa tetap dikasihi dan dipilih Tuhan melalui pertobatan dan kemudian melayani Tuhan dan sesama dengan berbagai macam cara dan berbagai macam paggilan dalam hidup.

Orang muda dipanggil untuk mewartakan cinta kasih Tuhan kepada setiap orang dan belajar untuk menjadi saksi yang benar dalam ucapan dan perbuatan. Apalagi secara sadar atau tidak sadar, orang muda sering kali menjadi orang yang membawa konflik, pertikaian, permusuhan, maka kini sudah saatnya OMK membawa kabar kebenaran dan menjadi contoh kebaikan.

Berita lain untuk anda