Penyematan peserta latihan pertahanan Pangkalan TNI AU. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komandan Pangkalan TNI AU Johanes Abraham Dimara Kolonel Pnb A. Gogot Winardi, S.T Secara resmi membuka latihan Pertahanan Pangkalan ( Hanlan ) 2021, Senin (29/11).

<

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan pada upacara pembukaan latihan di lapangan Upacara Mako Lanud J.A Dimara. Latihan ini merupakan salah satu program kerja seksi operasi dan latihan (Opslat), yang bertujuan untuk merefresh kembali materi pertahanan pangkalan yang telah diperoleh para personel pada saat pendidikan.

“Latihan ini juga mempunyai tujuan yakni memberikan bekal pengetahuan kepada personel Lanud J.A Dimara tentang manejemen operasional hanlan, termasuk teknik dan taktik pertahanan di darat dalam mengamankan obyek vital yang ada di pangkalan udara,” ujar Danlanud dalam rilisnya.

Danlanud J.A Dimara berharap agar para personel Lanud J.A Dimara mengerti dan memahami bahwa latihan ini merupakan salah satu bentuk operasi udara, dalam hal ini operasi Hanud. Pengetahuan dan Pengenalan awal tentang manajemen Pertahanan Pangkalan mutlak harus dikuasai oleh setiap personel Angkatan Udara. Sehingga kelak bila dihadapkan pada operasi Pertahanan Pangkalan yang sebenarnya, para personel Lanud J.A Dimara mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Mengakhiri sambutannya Danlanud menekankan untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, patuhi isntruksi dari para pelatih agar hal hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

“Jalin kerjasama yang baik dengan semua peserta latihan, check dan recheck setiap melakukan kegiatan. Karena apapun yang diperoleh dari latihan ini pada akhirnya tidak bermakna jika di antara peserta latihan ada yang mengalami accident maupun insident,” pungkas Danlanud.

Berita lain untuk anda