Lantamal XI Merauke Siagakan Satgas Bencana

Apel gelar pasukan siaga bencana di Mako Lantamal XI Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Perubahan cuaca ekstrem khususnya di wilayah Merauke akhir-akhir ini dan sebagai tindakan antisipasi menghadapi banjir dampak La Nina membuat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke membentuk Satuan Tugas (Satgas) Bencana.

Selasa (23/11), Apel Gelar Satgas Bencana dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal XI Merauke dipimpin Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, S.E selaku Komandan Satgas Bencana dalam hal ini diwakilkan oleh Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto, M.M.

“Apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam,” ujar Wadan Lantamal.

Wadan Lantamal XI menyampaikan curah hujan yang meningkat di wilayah Merauke dan sekitarnya maka Lantamal XI melibatkan instansi terkait dan satuan samping serta pemerintah daerah bekerjasama dalam penanggulangan bencana di wilayah Merauke. Salah satu langkah antisipasi terjadinya bencana di tahun 2021, Lantamal XI telah membentuk satgas penanggulangan bencana yang bermarkas di Mako Lantamal XI dengan menyiagakan 45 Personel, 2 Unit Perahu Karet, 3 Unit Truk, 4 Unit Tenda Pleton dan 2 Unit Mobil Ambulance

Sebagaimana telah tertuang dalam Amanat UU RI No 34 / 2004 tentang TNI yang salah satu dari tugas TNI adalah membantu Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana, hal ini di aplikasikan oleh TNI AL dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dengan memerintahkan seluruh jajaran TNI AL untuk terus bersinergi dengan seluruh Instansi dan pemerintah daerah untuk wajib membantu mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat sekeliling termasuk dalam penanggulangan bencana di setiap wilayah kerja TNI AL di seluruh Indonesia.

“Persiapan yang kita laksanakan hari ini merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa peralatan penanggulangan bencana betul-betul bisa digunakan pada saat yang diperlukan dan Lantamal XI akan siap mendukung dan membantu apabila diperlukan untuk menolong korban bencana alam,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten Danlantamal XI, Dansatrol Lantamal XI, Para Kasatker Lantamal XI, Kepala Basarnas,Kapolres Merauke, Kepala Satpol PP, Perwakilan PMI, Kepala Damkar. Kemudian 1 Pleton Personil Lantamal XI, 1 Pleton Personil Yonmarhanlan XI, 1 Pleton Personil Lanud J.A. Dimara,1 Pleton Personil Kodim 1707 Merauke, 1 Pleton Personil Polres Merauke, 1 Pleton Personil Basarnas, 1 Pleton Personil Satpol PP, 1 Pleton Personil Damkar, dan Personil PMI Merauke.