Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menghadiri Aksi NasDem Peduli Lingkungan di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (20/11). (foto: nasdem.id)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem alam dan lingkungan yang bersih adalah sebuah kewajiban. Demikian diserukan Ketua Umum NasDem, Suya Paloh saat menghadiri Aksi NasDem Peduli Lingkungan di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (20/11).

<

Dilansir nasdem.id, Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, sejumlah anggota DPRD Fraksi NasDem DKI Jakarta, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi dan Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Eko Wahyu Fredian, serta fungsionaris DPP NasDem dan DPW NasDem DKI Jakarta.

“Kita menuju peningkatan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem. Lingkungan yang bersih, lingkungan yang terjaga secara baik dalam satu siklus kehidupan, menunjukkan tingkat kemampuan bangsa ini membuktikan sebuah sistem dan nilai peradaban kota yang semakin tinggi,” ujar Surya Paloh.

Rombongan Aksi NasDem Peduli Lingkungan memulai kegiatan di Pulau Kotok dengan melakukan konservasi alam bawah laut dengan menanam terumbu karang dan lamun (tumbuhan dasar laut) yang berperan menjaga ekosistem bawah laut.

Setelah itu, Surya Paloh beserta rombongan yang digawangi Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP NasDem, Lusyani Suwandi melanjutkan kegiatan dengan menanam 1.000 batang bibit mangrove.

Surya dan rombongan juga melihat Pusat Suaka Elang Bondol di Pulau Kotok Besar yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2016.

Kegiatan dilanjutkan dengan melepas dua ratus tukik ke bibir pantai sebagai upaya pelestarian ekosistem secara alami. Surya bersama Lestari Moerdijat dan Siti Nurbaya Bakar beserta rombongan tampak antusias serta penuh harap saat melepasliarkan ratusan tukik tersebut.

“Amat sangat bersuka cita ya, kita gembira,” kata Surya.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasliaran empat ekor elang bondol di kawasan Pulau Kotok.

Surya menegaskan bahwa kegiatan pelestarian lingkungan itu merupakan strategi bersama untuk kepentingan nasional guna menyongsong masa depan, serta membangun kesadaran kolektif yang menjadi tugas dari Partai NasDem.

“Kalau kita hanya bergelut dengan kepentingan membuat undang-undang, mengubah undang-undang dan membiarkan masalah-masalah sirkulasi ekositem yang tidak terjaga, saya pikir itu satu kesalahan juga. Kesadaran yang dimiliki partai seharusnya memberi motivasi yang baik kepada seluruh anak bangsa,” paparnya.

Pelestarian lingkungan, kata Surya, menjadi isu penting, tidak hanya menjadi isu nasional, namun sudah menjadi perhatian dunia internasional.

Berita lain untuk anda