Berita

Selain Bimtek, Sulaeman Hamzah Bagikan Bibit Hewan Ternak

×

Selain Bimtek, Sulaeman Hamzah Bagikan Bibit Hewan Ternak

Sebarkan artikel ini
Bimtek dan sosialisasi manajemen peternakan dan kesehatan hewan di Merauke olah Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sualeman L. Hamzah bersama Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2021 menyelenggarakan bimbingan teknis dan sosialisasi manajemen peternakan dan kesehatan hewan bagi peternak di Merauke.

1515
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain diberikan Bimtek, peternak juga dibagikan bantuan bibit sapi, kambing, ayam dan juga itik. Bantuan Sapi untuk 2 kelompok masing-masing 20 ekor, kambing untuk 5 kelompok 25 ekor, ayam untuk 9 kelompok masing-masing 500 ekor, itik untuk 4 kelompok masing-masing 500 ekor.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sulaeman L. Hamzah menyampaikan dirinya punya mimpi besar agar di Papua nantinya akan ada peternakan skala besar yang dibangun di Merauke. Pasalnya, Merauke sebagai basis pertanian sehingga sangat memungkinkan dapat mensupport pakan ternak di wilayah itu.

“Sehingga kita harapkan ke depan Merauke dapat mengimpor daging ke wilayah barat,” ucap H. Sulaeman di Halogen Hotel, Rabu (27/10).

Hari pertama Bimtek khusus untuk sapi dan ayam, susul hari kedua khusus kambing. Program bimtek ini adalah hasil kesepakatan Kementan dan Komisi IV agar peternak dan petani diberikan penguatan dengan bimbingan teknis.

Penyerahan kaos peserta Bimtek dan sosialisasi. Foto-Getty/TN

Harapannya peserta dapat memahami bagian yang belum diketahui untuk lebih mengoptimalkan penanganan ternak hewan, seperti penanganan penyakit serta memahami bagaimana mencegah masuknya penyakit hewan dari luar Merauke.

Sulaeman Hamzah menmabhakan, seluruh proses dalam bentuk bantuan diputuskan di rapat sehingga kerjasama baik fungsi pengawas dan teknis pelaksanaan berjalan bersama antara kementrian dan Komisi IV DPR RI. Selain itu, setiap tahun banyak alat pertanian bantuan dari pusat yang diperjuangkan melalui aspirasi guna mendukung kemajuan pertanian dan peternakan Dapil Papua.

Kesempatan yang sama, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat diminta dukungannya terhadap para penerima bantuan hewan ternak tersebut sehingga progresnnya terus bertambah banyak dan mencegah kegagalan.

Kepala Loka Veteriner Jayapura drh. Suryantana yang juga hadir dalam kesempatan itu mengutarakan bahwa bantuan ternak sudah dilakukan hampir seluruh Provinsi di Indonesia kerjasama dengan DPR RI dengan tujuan pemberdayaan kelompok tani ternak. Bantuan ini diharapkan pengelolaan bisa terus berkembang dan kebih modern untuk mendukung pangan protein hewani.

“Rangkaian kegiatan hari ini merupakan bagian dari pembagian atau distrbusi bantuan ternak. Sekaligus menyampaikan informasi baru terkait dengan ternak,” ucap dia.

dr. Retno mewakili Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Merauke menekankan, setiap bantuan ternak harus bermanfaat dan dikembangkan dengan baik. Sebelum berkembang biak, jangan dijual atau disembelih karena tujuannya untuk meningkatkan ekonomi penerima. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Anggota Komisi IV yang telah memperjuangkan bantuan bagi masyarakat Papua di Merauke.

“Terimakasih kepada bapak Sulaeman yang sudah memperjuangkan bantuan ini, sehingga bisa sampai ke masyarakat,” pungkasnya.