Pangkur Sagu di Kampung Okor. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Personel Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Serda Muhamad Ikbal Jaelani membantu Keluarga Mama Koleta (48) salah satu masyarakat Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi untuk memangkur sagu di pekarangan belakang rumah miliknya.

Serda Muhamad Ikbal Jaelani mengungkapkan bahwa sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Kampung Okor selain ubi-ubinan dan juga beras, sagu masih menkonsumsi.

“Untuk mendapatkan sari pati sagu mereka satu keluarga harus menebang pohon sagu dan kemudian batang pohonnya dipangkur hingga menjadi serpihan lembut kemudian dicuci ataupun dibersihkan dengan air sambil disaring untuk mendapatkan sari pati sagu,” ucap Serda Ikbal dalam rilis.

Pembuatan lantai Gereja Okor. Foto-Ist/TN

Bantuan Satgas TMM diharapkan akan mempercepat perolehan sari pati sagu untuk segera diolah jadi bahan makanan.

Selain itu, Personel Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke yang dipimpin langsung oleh Serma Kadariono melaksanakan plesteran lantai Gereja Santo Kristus di Okor. Ini juga dilakukan agar pengerjaannya cepat selesai.

Dikatakan, kondisi Gereja Santo Kristus Okor Kampung Okor bisa dikatakan bagus akan tetapi untuk lantainya belum bersemen. Melihat kondisi itu Personil Satgas TMMD berinisiatif mengajak masyarakat setempat melakukan kegiatan tersebut.

“Kami kerjakan bersama masyarakat, sehingga masyarakat lebih nyaman untuk beribadah kepada Tuhan,” ujarnya Selasa (11/10).

Berita lain untuk anda