Pemkot Ternate Menyabet Sekaligus Dua Penghargaan

Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, yang dilaksanakan pada Rabu (13/10/2021) secara virtual, dalam Side Event Asean Ministerial Meeting on Women (AMHW) ke-4. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Setelah meraih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya pada bulan Juli 2021, Pemerintah Kota Ternate kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama. Penghargaan tersebut didapatkan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG), maka Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA) menyampaikan penghargaan sejak tahun 2004 yang disebut Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Verifikasi lapangan APE untuk Kota Ternate telah dilaksanakan 5 April 2021 secara virtual yang ditekankan pada 7 prasyarat/komponen kunci yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, data gender, analisis anggaran (GAP/GBS) dan partisipasi masyarakat.

Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dilaksanakan pada Rabu (13/10/2021) secara virtual, dalam Side Event Asean Ministerial Meeting on Women (AMHW) ke-4.

Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman berharap, agar dengan adanya Penghargaan APE ini bisa menjadi penyemangat bagi seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

“Untuk terus memacu penganggaran yang berbasis gender di perangkat daerah masing-masing, dalam setiap dimensi pembangunan Kota Ternate,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Jumat (15/10/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate, Marjorie Saidah Amal menyatakan, jika APE ini baru pertama kali diraih oleh Kota Ternate dan ini merupakan keberhasilan semua pihak atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

“Baik dari OPD Driver yaitu DP3A, Bappelitbangda, Inspektorat dan BPKAD Kota Ternate dan beberapa OPD lainnya sebagai sampel. Semoga pada penilaian 2 tahun kedepan, kita bisa meningkat pada kategori Madya,” tandas dia.