Pembangunan 20 Unit Rumah di Okor Telah Usai dan Resmi Ditutup

Penyerahan simbolis dari Dandim 1707/Merauke kepada Bupati Mappi. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pembangunan 20 unit rumah masyarakat di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi melalui Program TMMD ke-112 sudah mencapai 100 persen. Selesai membangun rumah para personel Satgas TMMD melakukan berbagai kegiatan seperti membangun jembatan penghubung antar kampung dan dermaga/pelabuhan sederhana di Kampung Okor yang terbuat dari kayu.

Komandan Kodim 1707/Merauke selaku Dansatgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke Letnan Kolonel Czi Muh Rois Edy Susilo, S.T. melalui Danki Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba mengatakan bahwa pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2021 pembangunan 20 unit rumah masyarakat di Kampung Okor melalui Program TMMD Ke-112 sudah selesai dikerjakan.

“Dua hari sebelum ditutup Program TMMD Ke-112, pembangunan 20 unit rumah masyarakat diantaranya 14 unit rumah semi permanen dan 6 unit rumah panggung di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi sudah selesai dikerjakan dan sudah mencapai 100 %. ucap Kapten Inf Herman Purba dalam rilisnya.

Setelah selesai membangun 20 unit rumah, personel Satgas TMMD melaksanakan kegiatan karya bhakti berupa pembangunan jembatan dari kayu sepanjang 20 meter yang menghubungkan antara Kampung Okor dengan Kampung Acipin wilayah Distrik Haju.

Selain membangunkan jembatan penghubung natar kampung, personel Satgas TMMD juga membangunkan dermaga/pelabuhan sederhana yang terbuat dari kayu dengan ukuran lebar 1,3 meter dan panjang 12 meter yang dikerjakan secara gotong-royong bersama masyarakat setempat.

Bangunan rumah yang sudah rampung dikerjakan. Foto-ist/TN

Usai itu, bertempat di Pendopo/Gedung Negara Usubi Yahukuda Takobayaman, Jl. Bandara, Distrik Obaa, Kab. Mappi-Papua Kepala Staf Korem 174/ATW Kolonel Arh Hamim Tohari secara resmi menutup dan menyerahkan hasil TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke Tahun 2021 di Kampung Okor.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, MA. yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 174/ATW Kolonel Arh Hamim Tohari mengucapkan bahwa TNI berkewajiban mendukung tercapainya sasaran strategis dan prioritas nasional sesuai fungsinya dengan kegiatan yang dilaksanakan yaitu bidang teritorial tahun 2021 di antaranya TMMD yang berpedoman kepada TNI Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Untuk kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-112 Kodim 1707/Merauke Tahun 2021 di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi dengan sasaran fisik berupa pembangunan 20 unit rumah masyarakat dan sasaran non fisik diantaranya pelayanan kesehatan, sosialisasi posyandu, penyuluhan pos bindu, stunting, pelayanan KB Kesehatan, penyuluhan bela negara dan tanaman pangan serta holtikultura.

Sedangkan dalam laporannya Dandim 1707/Merauke selaku Dansatgas TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke Letkol Czi Muh Rois Edy Susilo, S.T. mengatakan bahwa kegiatan TMMD Ke-112 di Kampung Okor dengan sasaran pembangunan 20 unit rumah masyarakat di antaranya 14 unit rumah semi permanen dan 6 unit rumah umpak/panggung dengan sumber dana dari APBD Pemerintah Daerah Kab. Mappi Tahun 2021 dan selesai dikerjakan.

Dikesempatan yang sama Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama dari pihak TNI atas kerjasamanya sehingga kegiatan TMMD Ke-112 dapat terlaksana dan terselesaikan dengan baik.

Turut hadir pada acara penutupan TMMD Ke-112 yakni Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Pabung Mayor Inf Suko Raharjo, Wakapolres Mappi Kompol Suwarno, Kadis Pemberdayaan Parempuan Genoveva Perdinanda Laode, Kadis Kesehatan dr. Ronny T., LMA Valentinus Kamakaimu dan Tokoh Agama Pastor Pius serta Kepala Kantor Kementerian Agama Mappi Kristosimus Dendi.