Kampanyekan “Rojali” kepada Wisatawan, Sandiaga Uno Disebut Pemimpin Masa Depan

Menparekraf, Sandiaga Uno belanjakan semua barang kerajinan tangan milik pengrajin di desa wisata Arborek. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Seorang pengrajin anyaman dan Noken Arborek mencurahkan isi hatinya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terkait kurang dikenalnya hasil kerajinan tangan mereka.

Pasalnya, selama pandemi covid-19, tidak ada pameran di kabupaten Raja Ampat, sedangkan bila menjual online ongkos kirimnya terlalu mahal.

Mama Yuni pengrajin dari desa wisata Arborek, Raja Ampat Papua Barat mengaku kalau selama pandemi penjualan souvenir khas desa Arborek tidak laku sama sekai. Sehingga dia meminta kepada mas Menteri untuk bisa membantu memasarkan kerajinan warga desa arborek.

“Sebelumnya ada pameran di kabupaten sehingga kami bisa jual disana, tapi sekarang ini karena pandemi tidak ada pameran maka penjualan juga tidak ada,” katanya.

Sedangkan wisatawan yang datang juga jarang beli produknya. Menurut Mama Yuni wisatawan yang datang hanya meminjam karya nya untuk mengabadikannya lewat foto saja.

Sehingga, banyak wisatawan pemasukan untuk para pengrajin tidak ada peningkatan. Untuk itu, dia meinta kepada Sandi bisa memberi tahu kepada wisatawan membeli kerajinan karya warga desa Arborek.

“Saya minta mas menteri suruh wisatawan untuk beli produk kami jangan Cuma buat photo-photo saja,” ujarnya.

Sementara, Sandiaga meminta kepada Mama Yuni untuk terus berkarya karena dirinya dan yang lainnya akan membantu pemasaran dari karya kerajinan dari Desa Arborek.

Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan kampanye “Rojali” yang artinya Rombongan Jadi Beli. Untuk itu diawali dari mas mentri yang akan membeli karya dari warga desa Arborek, dia berharap apa yang dilakukannya bisa membantu membangkitkan lagi karya kerajinan dari masyarakat desa Arborek sehingga perekonomian masyarakat bisa kembali normal bahkan meningkat dari sebelumnya.

“Nanti kita kampanyekan Rojali, jadi siapa yang melihat souvenir ini langsung beli tidak hanya buat foto saja,” katanya.

Lebih lanjut Sandi menjelaskan, Rojali adalah pengejawantahan dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Sandi menegaskan, kecintaan dan kebanggaan akan produk daerah tidak cukup hanya diucapkan tetapi harus dibuktikan dengan membeli dan menggunakan produk kerajinan daerah. Jadi ini adalah salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga membangkitkan ekonomi semuanya.