Bersama Alumni Bandung, Kang Emil Kunjungi Kampung Binaan Pertamina

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ( kang Emil ) saat menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, berkesempatan mengunjungi kampung Yoboi, kampung wisata binaan Pertamina Patra Niaga Jayapura dan Ikatan Alumni Bandung Jayapura, Sabtu (2/10/2021)

Ridwan Kamil juga berkesempatan membangun diskusi dengan kelompok pemuda penggerak kampung wisata dan warga terkait pengembangan wisata berbasis kampung.

” Ide kampung wisata ini sudah sangat bagus dan menarik, sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan agar jumlah pengunjung semakin bertambah” kata Ridwan Kamil.

Disela-sela diskusi, Kang Emil langsung mengundang 5 pemuda dari kampung Yoboi untuk datang dan belajar management wisata dan industri kreatif di Bandung dengan biaya dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Saat Tracking ke Hutan Sagu Yoboi, Kang Emil tertarik dan memuji ide kreative pemuda yg berhasil menjadikan hutan/dusun sagu menjadi object wisata alam dan edukasi.

Billy Tokoro, pemuda penggagas dan penggerak kampung wisata Yoboi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang difasilitasi paguyuban Pasundan di Papua, Pertamina dan Ikatan Alumni Bandung, sehingga kedatangan Kang Emil dapat terbangun diskusi.

” Ucapan terima kasih kepada paguyuban Pasundan di Papua, Pertamina dan ikatan alumni Bandung yang sudah bersedia menghadirkan Gubernur Jabar ke Kampung Yoboi hingga dapat berdiskusi dan memberikan bantuan juga tawaran untuk kesempatan belajar tentang wisata dan industri kreatif di Jawa barat” kata Billy Tokoro.

Ketua Ikatan Alumni Bandung di Papua, Nikolas Jouwe menjelaskan bahwa ikatan alumni bandung sebagai wadah intelektual orang Papua yang pernah menimba ilmu di Kota Bandung dan Jawa barat disamping mengaplikasi ilmu yang didapat saat sekolah dibandung pada instansi atau kegiatan masing-masing, namun juga berniat untuk mendorong peningkatan kapasitas masyarakat ditanah Papua.

” Kami terpanggil juga untuk secara bersama sama membagikan apa yg kami miliki secara keilmuan untuk dibagi kepada adik-adik dan warga di kampung Yoboi yang warganya begitu kreatif dan mempolulerkan kampungnya agar bisa maju seperti kampung-kampung lain diluar Papua yg sudah maju” ungkap Nikolas Jouwe.

Edi Mangun Area Manager Communication Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Papua Maluku pada kesempatan yg sama menyerahkan bantuan Voucher BBK (Pertalite dan Pertamax) senilai Rp5.250.000.

Edi Mangun menjelaskan Bantuan Voucher ini sebagai support bagi kampung Yoboi yg saat ini berada pada tahap penilaian menuju 10 besar kampung wisata terbaik di Indonesia 2021 oleh kementerian Pariwisata RI.

” Kami berharap dengan support BBK para pengunjung dapat menikmati potongan harga (diskon) tarif angkutan danau dari dermaga Yahim menuju kampung Yoboi” ucap Edi Mangun

Selain bantuan Voucher BBK dari Pertamina, pada kunjungan tersebut Kang Emil juga menyerahkan bantuan Dana Rp100 juta kepada Panitia Pembangunan Gereja di kampung Yoboi.