TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-76, TNI AL wilayah Sorong menggelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trijaya Sakti Sorong, kota Sorong, Kamis (9/9/2021).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh kepala staff Armada III, Laksamana Pertama TNI Yehezkiel Katiandhago, S. E, M. M,. dan turut dihadiri oleh Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani dan Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI Mar Y. Rudy Sulistyanto, S. E,. serta Ketua daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Yuanita Irvansyah.

Pantauan media ini, ziarah diawali dengan upacara dan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, lalu peletakan karangan bunga oleh Kepala Staf Armada III, dan dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para Pahlawan.

“Kita TNI AL melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dalam rangka menyambut HUT TNI AL yang ke-76. Ini bukti bahwa negara, melalui masyarakatnya, juga melalui TNI AL menghormati para pahlawan, ” ujar Kepala staf Armada III.

Menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Sebab, bangsa ini tidak berdiri secara tiba-tiba, melainkan berkat perjuangan seluruh rakyat Indonesia pada waktu itu.

Di momen HUT TNI AL ke-76, Kepala staf Armada III berharap, generasi penerus bangsa dan khususnya prajurit TNI AL Armada III dan jajarannya dapat mempertahankan kedaulatan negara dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Apa yang sudah ditinggalkan oleh para pahlawan, kita pertahankan dan kita tingkatkan. Saya meyakini bangsa kita kedepan akan menuju bangsa yang Jalesveva Jayamahe seperti apa yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut,” pungkasnya.

Pelaksanaan Ziarah dan Tabur Bunga dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berita lain untuk anda