TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Laksma TNI Imam di Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, di lapangan apel Mako Lantamal XIV, Jl. Bubara, No.1, Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Jumat (10/9/2021).

Upacara peringatan HUT TNI AL ke-76 itu diikuti pejabat utama Lantamal XIV, seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama, PNS Lantamal XIV dan Prajurit Yonmarhanlan XIV serta Pengurus Jalasenastri Korcab XIV DJA III dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Danlantamal XIV menyampaikan bahwa peringatan HUT TNI AL pada setiap tanggal 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara.

“TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik, “ucap Danlantamal XIV.

Menurutnya, sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI AL akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Oleh sebab itu, pada peringatan hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Untuk Mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, kita harus menyadari bahwa ketahanan kita sebagai Bangsa Indonesia sedang diuji. Isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan taliban di Afganistan dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia, “terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Danlantamal XIV, kekuatan Armada kapal perang, pasukan Marinir, pesawat udara dan Pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

“Konsep Operational Ready Force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan. Meskipun di tengah pandemi covid-19, dengan lengan baju tersingsing prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada ssat terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta Pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB, “ucapnya.

Selesai upacara dilanjutkan acara syukuran dengan Pemberian Tali Asih kepada para Purnawirawan dan Warakawuri, pemotongan tumpeng yang di lakukan Danlantamal XIV dan Ketua Korcab XIV DJA III, sebagai tanda ucapan syukur di HUT TNI AL yang ke-76 tahun 2021 selanjutnya diserahkan kepada Prajurit yang memasuki purna tugas dan Prajurit termuda di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal XIV.

Berita lain untuk anda