TTMD ke-112 Kodim 1707/Merauke di Kampung Okor Resmi Dibuka

Penyerahan alat bangunan secara simbolis dari Bupati Mappi kepada perwakilan Satgas TMMD Kodim 1707/Merauke. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 1707/Merauke Tahun 2021 di Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi dengan tema ‘TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri’ secara resmi dibuka.

Kegiatan pembukaan TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke di Kampung Okor tersebut dilaksanakan tanpa upacara sebagaimana biasanya mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Pembukaan TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke di Kampung Okor dilaksanakan secara terbatas bertempat di Pendopo Jln. Bandara, Distrik Obaa, Kabupaten Mappi – Papua pada Rabu (15/09/2021).

Tujuan dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah kerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan masyarakat kampung yang dilaksanakan oleh TNI dengan berbagai fasilitas seperti pembangunan rumah layak huni, pembangunan jembatan dan pembangunan jalan.

“Untuk sasaran fisik Program TMMD Ke-112 di Kampung Okor Kabupaten Mappi saat ini berupa pembangunan 20 unit rumah masyarakat yang terdiri dari 14 unit semi permanen dan 6 unit rumah panggung,” ujar Komandan Kodim 1707/Merauke Letnan Kolonel Czi Muh Rois Edy Susilo S.T., dalam rilisnya.

Selain fisik, ada jufa non fisik yang juga dilaksanakan sasaran kegiatan non fisik diantaranya pelayanan kesehatan, pendidikan, bercocok tanam, kegiatan kebersamaan dan pembinaan teritorial, sambung Dandim.

Pada kesempatan yang sama Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi mengucapkan terimakasih kepada TNI khususnya Kodim 1707/Merauke Korem 174/ATW Kodam XVII/Cenderawasih yang sementara membangun rumah masyarakat layak huni dengan tepat sasaran di wilayah Kabupaten Mappi melalui Program TMMD.

“Kami Pemerintah Daerah mengutamakan pembangunan rumah di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain dan perkampungan yang tidak terbentuk atau perkampungan tidak layak dengan berkerjasama dengan TNI karna kami percaya bahwa TNI mampu mengatasi permasalahan dalam pembangunan,” terang Bupati Mappi.

Kegiatan pembukaan TMMD Ke-112 Kodim 1707/Merauke tersebut turut dihadiri Kasi Teritorial Korem 174/ATW Kolonel Inf Ganiahardi, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Pabung Kab Mappi Mayor Inf Suko Raharjo, Wakapolres Kab. Mappi Kompol Suwarno, Wakil Ketua 2 DPRD Kab. Mappi Kristina Libani dan para SKPD Kab. Mappi serta Toga, Todat dan Tomas setempat.