Tim peduli kemanusiaan Maybrat Papua Barat memberikan bantuan kepada pengungsi di Kampung Ikana dan kampung Mokamat distrik Kais Darat kabupaten Sorong Selatan, Sabtu 18 September 2021.

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT -Sejumlah tokoh intelektual Mybrat, tokoh Gereja dan utusan pemerintah daerah yang tergabung dalam Tim Peduli Kemanusiaan melakukan kunjugan sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat distrik Aifat Selatan yang mengungsi ke distrik Kais Darat, akibat tragedi pembacokan 4 anggota TNI di Posramil Kisor beberapa waktu lalu.

Semuel Kambuaya salah satu personel tim tersebut mengatakan, tim peduli kemanusian melakukan kunjugan ke kapung Ikana dan kampung Mokamat distrik Kais Darat kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat.

“Kami peduli kemanusian berkunjung ke lokasi pengungsian untuk memberikan bantuan . Kami diterima langsung oleh kepala kampung Ikana zadrak Wetaku bersama para pengungsi, posramil kisor Kabupaten Maybrat,” ujar Semuel Kambuaya.

Masyarat yang mengunsi ke distrik Kais Darat itu berjumlah 4 kampung dari distrik Aifat Selatan dengan jumlah 15 kk, menurut laporan bahwa mereka yang mengungsi ini secara bertahap ada yang tiba duluan dan ada juga menyusul kemudian ada dalam perjalan mengikuti sungai Kais.

” Nanti dari tim yang diutus untuk mendata secara baik dan melaporkan ke pemda Maybrat untuk memberikan bantuan dan juga pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkan, ada tiga agenda dalam kunjugan dari Tim Peduli Kemanusiaan ini, yakni melakukan ibadah penguatan iman bersama masyarakat di lokasi pengunsian, ibadah tersebut yang dipinpin oleh pdt.Sehatapi. memberikan arahan penting dan strategis menyakut kebijakan pemerintah kabupaten Maybrat dalam penangan masyarat yang sedang mengungsi diberbagai tempat, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Sembako dari tim peduli kemanusian kepada pengungsi.

Dilaporkan bahwa jumlah anak sekolah yang mengungsi sebanyak 18 siswa SD dan seorang siswa SMP, sementara mereka belajar di sekolah yang ada namun terkendala kurang adanya pakaian seragam, alat tulis buku dan bulpen, sepatu sekolah. Kemudian kurang adanya pelayanan kesehatan yang baik karena puskesmas Kais Darat saat ini belum beroperasi degan baik.

Semuel Kambuaya berharap kepada seluruh intelektual orang Maybarat yang ada dapat memberikan dukungan penuh kepada bupati Maybrat untuk melakukan tugas penanganan dengan mencari dan menjagkau warga yang mengungsi dari distrik Aifat Selatan dan Aifat Timur Raya diberbagai tempat.

“Saya mengajak kita semua orang Maybrat terlepas dari kepentingan apapun karena ini bantuan kemanusiaan yang mulia, mari kita cari dan jangkau pengungsi yang ada sebab mereka ini adalah Masyrat sipil di kabupaten Maybrat,” tutup Semuel Kambuaya.

Berita lain untuk anda