Prajurit TNI Angkatan Laut saat mengangkut sampah yang ada di sekitar jembatan puri. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Prajurit Lantamal XIV dan Batalyon pertahanan pangkalan XIV melaksanakan kerja bakti di tempat pelelangan ikan, jembatan puri, kelurahan Klaligi, Kota Sorong, Rabu (8/9/2021).

Kerja bakti itu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-76.

Pantauan media ini, prajurit yang sudah dilengkapi dengan alat-alat seperti sekop, dan sapu lidi langsung mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan disekitar tempat pelelangan ikan.

Tempat pelelangan ikan yang awalnya dipenuhi dengan sampah, baik yang dihasilkan dari pengunjung maupun pedagang, langsung dibersihkan oleh Prajurit TNI AL.

Hasilnya, sampah yang dikumpulkan dapat mencapai dua truk. Selanjutnya sampah tersebut dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI Imam Musani mengatakan bahwa aksi bersih-bersih itu akan dilaksanakan secara periodik. Selain bersih-bersih, juga akan dilaksanakan penanaman pohon bakau di tepi pantai untuk mengurangi abrasi.

“Yang jelas TNI Angkatan Laut akan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, ” ujar Danlantamal XIV.

Disamping itu, kerja bakti yang dilakukan juga bertujuan memberikan edukasi dan pelajaran kepada masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Kita harapkan nanti seluruh masyarakat di Sorong ini bisa melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat, agar Sorong menjadi kota yang bersih, rapi, dan sehat tentunya, “tambah Danlantamal XIV.

Berita lain untuk anda