Media Center PON Papua Klaster Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Klaster Merauke siap melayani dan memfasilitasi para jurnalis peliput PON Papua.

Koordinator Media Center PON Papua Klaster Merauke, Prasetyo Hadi menjelaskan, persiapan Media Center Klaster Merauke sudah siap digunakan. Beberapa fasilitas seperti ruangan, komputer dan jaringan internet sudah dapat digunakan oleh teman- teman jurnalis.

Dia menjelaskan bahwa media center ini tersedia untuk mendukung kerja jurnalistik atau wartawan guna menginformasikan dan menyebarluaskan kegiatan PON Papua.

“Per hari ini 27 September, kita operasional. Jadi teman-teman media sudah bisa memanfaatkan fasilitas dari kami. Kita rencana launching Medua Center Kominfo PON XX Papua akan dilakukan pada 30 September,” ujar Pras di Media Center PON Klaster Merauke yang berlokasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Merauke, Senin (27/9/2021).

Pras menjelaskan Media Center Klaster Merauke ini sudah dapat beroperasi pada 27 September hingga 15 Oktober 2021, mulai pukul 09.00 sampai dengan 19.00 WIT.

Dengan adanya media center ini diharapkan juga bisa mendorong informasi terkait PON Papua yang berdampak positif kepada masyarakat.

Adapun spesifikasi di media center ini di antaranya menyediakan area kerja jurnalistik (media workingspace) dengan kapasitas 50-70 pax untuk awak media terdaftar, akses internet (Wifi, kabel LAN, PC All in One 10 unit) + 2 unit printer, games managemen system monitor (TIK) dan ruang press conference.

Selain itu, disediakan juga makan siang dan makan malam untuk para awak media, coffee break, free flow water, ruang relaksasi (kursi pijat) dan medical room.

Pras menambahkan pengelolaan media center ini diselenggarakan atas kerja sama Kominfo dan Diskominfo Kabupaten Merauke.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Herman Gebse menyatakan, pihaknya akan mendukung penuh penyelenggaraan PON Papua, khususnya di klaster Merauke.

“Saya mengucapkan terima kasih, sehingga penyelenggaraan PON bisa dilakukan di Papua, khususnya di klaster Merauke,” ujar Herman, kesempatan yang sama.

Menurut dia, untuk fasilitas utama di media center ini sudah 90 persen selesai di antaranya untuk ruangan, komputer dan jaringan internet yang sudah bisa digunakan oleh para jurnalis peliput PON.

Mengingat Pandemi Covid-19 masih berlangsung, ia menghimbau agar masyarakat di Merauke, khususnya mereka yang akan menonton pertandingan PON bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Kita harus ikuti arahan dari dinas kesehatan dan bupati sehingga penyelenggaraan PON ini bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan moto kita: ‘Izakod Bekai Izakod Kai yang artinya Satu Hati, Satu Tujuan untuk wujudkan PON XX Papua, khususnya di klaster Merauke,” tegas dia.

Kabupaten Merauke menjadi satu dari empat klaster tempat berlangsungnya perhelatan ajang olahraga multievent PON XX Papua yang akan digelar 2 Oktober-15 Oktober.

Pada PON Papua, di klaster Kabupaten Merauke akan dipertandingkan cabang olahraga (cabor) Wushu, Sepak Bola Putri, Anggar, Catur, Road Race, Gulat, dan Motor Cross.

Cabor yang pertama kali digelar adalah Wushu di GOR Futsal Dispora pada 29 September hingga 3 Oktober 2021.
Dilanjutkan cabor Sepak Bola Putri yang akan dipertandingkan di Stadion Katalpal pada 3-11 Oktober 2021.

Kemudian cabor anggar di Kompleks Gereja St. Yoseph pada 4-9 Oktober 2021. Cabor catur pada 4-13 Oktober 2021 di Ballroom Hotel Swissbell.

Sedangkan cabor roadrace digelar di Arena Balap Motor Tanah Miring pada 6 Oktober 2021 dan cabor gulat di GOR Futsal Dispora pada 8-14 Oktober 2021

Sementara cabor Motor Cross akan dihelat di Arena Balap Motor Tanah Miring pada 9 Oktober 2021 mendatang.

Berita lain untuk anda