Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, saat meresmikan PAUD Percontohan D’Farhel Raja Ampat. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, meresmikan Unit Gedung Baru (UGB) PAUD Percontohan D’Farhel di Waisai kabupaten Raja Ampat, Rabu (15/9/2021).

UGB PAUD Percontohan ini merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2020.

Kabupaten Raja Ampat merupakan satu-satunya daerah di provinsi Papua Barat yang menerima bantuan hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membangun UGB PAUD Percontohan ini.

Bupati Raja Ampat bersama unsur Forkopimda menekan tombol tanda dibukanya selubung papan nama PAUD Percontohan D’Farhel Raja Ampat. Foto Wim/TN

Bupati Abdul Faris Umlati (AFU) mengatakan PAUD menjadi prioritas karena PAUD adalah tempat menanamkan karakter dasar unggul dan SDM yang berdaya saing, maka dari itu harus mengedepankan sarana prasarana, tata kelola layanan dan kualitas pendidik.

Dikatakannya, UGB PAUD D’Farhel ini merupakan dorongan dari Tim Penggerak PKK dan dinas Pendidikan kabupaten Raja Ampat yang berkolaborasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sehingga diberikan bantuan hibah untuk dibangunnya UGB PAUD ini.

Menurutnya, PAUD Percontohan D’Farhel merupakan satu-satunya PAUD Percontohan di Papua Barat yang bisa mempunyai manfaat besar dalam perkembangan pendidikan di provinsi Papua Barat khususnya di Kabupaten Raja Ampat.

“Saya berharap PAUD Percontohan D’Farhel Raja Ampat ini akan menjadi rujukan PAUD yang lain di kabupaten/kota di Papua Barat agar dapat mendongkrak PAUD-PAUD yang ada, khususnya di Kabupaten Raja Ampat supaya maju dan berkualitas,” imbuhnya.

Bunda PAUD kabupaten Raja Ampat, Ny.Faujiah Helga Tampubolon Umlati. Foto Wim/TN.

Sementara itu, Bunda PAUD kabupaten Raja Ampat, Ny.Faujiah Helga Tampubolon Umlati, mengatakan PAUD Percontohan satu-satunya di provinsi Papua Barat hanya ada di kabupaten Raja Ampat.

“PAUD Percontohan di Papua Barat, hanya satu saja, dan itu ada di kabupaten Raja Ampat. Jadi kedepan dari Sorong atau dari daerah mana saja di Papua atau Papua Barat bisa melakukan studi bandingnya di PAUD Percontohan Raja Ampat. Sebab PAUD Percontohan ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap,” ungkap isteri bupati Raja Ampat itu.

Dikatakannya, pembangunan UGB PAUD Percontohan D’Farhel merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat melalui bantuan hibah dari Kementrian Pendidikan kepada kabupaten Raja Ampat.

Dikatakannya, untuk mendapatkan hibah tersebut, pihaknya bekerja keras memenuhi semua persyaratan yang diminta, dan akhirnya semua bisa dipenuhi, dengan dukungan pemerintah Raja Ampat.

Kata Bunda PAUD Raja Ampat, keistimewaan PAUD Percontohan ini berbeda dengan PAUD yang lain. Anak datang ke sekolah mulai jam 08.00 WIT (pagi) pulangnya pukul 17.00 WIT (sore).

“Jadi anak diantar orang tua ke sekolah jam delapan pagi, dan pulan jam lima sore. Anak diberi makan tiga kali sehari, anak juga diberikan istirahat di ruang kamar dengan fasilitas tempat tidur yang disiapkan, anak disiapkan ekstrakulikuler seni dan teater, semuanya sudah kami siapkan di PAUD Percontohan D’Farhel Raja Ampat,” jelas Faujiah Helga Tampubolon Umlati.

Menurutnya, hal tersebut merupakan tolak ukur PAUD Percontohan D’Farhel Raja Ampat jika dibandingkan dengan PAUD-PAUD yang ada di daerah lain di Papua Barat bahkan di tanah Papua.

Berita lain untuk anda