ASN Pemkot Ambon Lariskan Dagangan PKL di Sejumlah Pasar Tradisional

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, dan sejumlah petinggi Pemkot Ambon, Kamis (2/9/2021) pagi, turun ke Pasar Mardika untuk mengikuti kegiatan “Sorong Bahu Bantu Susahku (SOBATKU) dan gerakan Ayo Balanja”. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama Wakil Walikota Syarif Hadler, dan Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, AG Latuheru, Kamis (2/9/2021) pagi, turun ke Pasar Mardika untuk mengikuti kegiatan “Sorong Bahu Bantu Susahku (SOBATKU) dan gerakan Ayo Balanja”.

Ketiga pimpinan tersebut, bersama seluruh Pejabat Struktural dan ASN, Anggota Satgas Covid 19, Kades/Raja dan Lurah, melariskan dagangan PKL dan Pedagang pasar.

“Kegiatan SOBATKU ini bagian kita rayakan HUT ke-446 Kota Ambon, dimana kita memikul tanggung jawab bersama untuk membantu para pedagang dan PKL,“ kata Wali Kota di sela – sela kegiatan.

Dikatakan, bisanya jika Satgas Covid-19 turun ke pasar tradisional, tidak lain dalam rangka penertiban dan pengawasan PPKM, namun kali ini untuk membantu PKL menambah pendapatan.

“Jika satu orang saja belanja minimal Rp. 50 ribu saja, maka itu sudah sangat membantu para PKL dan pedagang di pasar tradisional, “ ungkapnya.

Wali Kota mengakui, sambutan pedagang cukup positif, karena selama ini usaha mereka terdampak pandemi Covid-19 maupun pelaksanaan PPKM.

“Animo masyarakat, khususnya para pedagang pasar tradisional sangat positif, terhadap kepedulian yang ditunjukan oleh aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon,” ujarnya.

Menurutnya, Gerakan SOBATKU Ayo Balanja ini, bisa saja menjadi agenda tetap Pemkot, pada momen spesial, selama pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM.

“Akan kita pertimbangkan, untuk kegiatan ini dapat berlanjut kedepan,” tandas Wali Kota.

Untuk diketahui, Gerakan SOBATKU Ayo Balanja, menjadi gerakan sosial yang dimaksudkan untuk membantu masyarakat khususnya pedagang pasar dan PKL, yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19 dan Pelaksanaan PPKM.

Teknis pelaksanaan “Sobatku Ayo Balanja”, sendiri telah diatur per OPD oleh Disperindag Kota Ambon selaku penanggungjawab dan dibagi dua sesi yakni pagi hari pukul 08.00-09.00 WIT untuk pasar tradisional dan malam hari pukul 20.00-21.00 WIT untuk pusat kuliner malam.

Sejumlah lokasi sasaran kegiatan ini diantaranya, Pasar Mardika, Pasar Gotong Royong, Pasar Waiheru dan Pasar Passo.

Sedangkan untuk Pusat Kuliner Malam yakni, Jl. Sam Ratulangi, Slamet Riyadi, Jend.Sudirman, M. Putuhena, Wolter Monginsidi,serta di masing–masing Desa/Negeri dan Kelurahan.