Terimakasih NasDem, Beban Pedagang Kelapa di Tembok Berlin Kini Menjadi Ringan

Ketua DPD NasDem Kota Sorong, Ranley Mansawan saat membagikan dompet peduli NasDem kepada pedagang kelapa di seputar Tembok Berlin. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Para pedagang kelapa muda di jalan protokol Tembok Berlin, kampung baru, kota Sorong itu nampak beristirahat dibawah terpal yang sudah usang, sambil menunggu pembeli yang menghampiri dagangan mereka.

Tumpukan kelapa muda yang nampak masih segar itu seakan memanggil siapa saja yang melihatnya, apalagi panasnya terik matahari siang itu mampu menyebabkan rasa haus dan dahaga.

Buah kelapa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh itu dibawa oleh mereka dari pulau Soop, Sorong kepulauan, dengan menggunakan transportasi laut.

Namun apa daya, sejak Maret 2021 gelombang wabah virus Corona atau Covid-19 masuk ke Indonesia seakan menjadi pukulan berat bagi perekonomian Indonesia. Seluruh sektor usaha termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut terkena imbas.

Belum lagi, lokasi berjualan sedang berlangsung pembangunan reklamasi di sepanjang pantai Dofior, menyebabkan transportasi laut yang mereka gunakan tidak bisa menepi lebih dekat dengan tempat jualannya, dan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengangkut kelapa-kelapa itu.

Seperti yang dirasakan oleh Tabita Burdam. Wanita paruh baya itu begitu merasakan dampak dari adanya pandemi COVID-19 ini. Ia mengaku hasil penjualannya menurun, terlebih pemerintah Kota Sorong masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Selama pandemi ini, mama punya penjualan menurun. Karena warga di larang kumpul-kumpul, ” ucapnya belum lama ini.

Kesulitan itu kemudian dirasa berkurang, tatkala dompet Peduli partai Nasional Demokrat (NasDem) menghampirinya. Dompet berbentuk ikan itu berisi bantuan stimulus berupa uang senilai Rp. 300.000,-.

Rencananya, uang tersebut akan digunakan untuk mengganti terpal tempat jualannya. Karena terpal yang ia gunakan tak dapat lagi melindunginya dari panasnya terik matahari dan derasnya hujan.

“Hati mama gembira sekali, karena mama dapat bantuan ini biar bisa beli terpal baru. Karena mama punya terpal sudah rusak, ” ucapnya dengan nada haru.

Dompet peduli NasDem itu merupakan program peduli kemanusiaan yang dicanangkan DPW NasDem Papua Barat. Pembagian dompet ikan dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh NasDem Papua Barat dengan melibatkan NasDem kota Sorong. Tim Nasdem Peduli UMKM ini Dikomandoi langsung oleh politisi muda NasDem Papua Barat, Ranley Mansawan.

“Kita terus bergerak bagi-bagi Dompet Peduli NasDem dengan cara mobile untuk menghindari kerumunan. Tim juga sudah melakukan survei sebelum pembagian. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pandemi Covid 19, Tim secara bertahap akan bagikan 1000 dompet ikan ,” ucap Ranley.

Menariknya, lewat bantuan stimulus itu, mereka berkesempatan mendapatkan hadiah doorprize. Penerima dompet NasDem peduli hanya cukup memposting foto unik di Sosial media dengan menggunakan hastag #NasDemSayangKo.

40 foto terunik akan mendapatkan hadiah 2 buah jam tangan speaker, 2 buah jam tangan Casio, 8 panci/wajan, 10 unit kipas angin, dan 25 paket uang tunai Rp. 500.000,-.